Beranda Daerah Bendungan Jebol 3 Tahun, Petani di Nanggung Bogor Merana Tak Bisa Bertani

Bendungan Jebol 3 Tahun, Petani di Nanggung Bogor Merana Tak Bisa Bertani

Publikbicara.com – Bukan hanya ribuan warga saja yang mengalami kekurangan air bersih, ternyata puluhan hektare lahan pertanian di wilayah Desa Kalong Liud Kecamatan Nanggung terpaksa tidak bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

Penyebab lahan tak bisa digunakan itu akibat bendungan yang biasa digunakan warga itu jebol pasca bencana tahun 2020 lalu dan hingga kini bendungan tersebut belum nampak diperbaiki oleh pemerintah daerah kabupaten Bogor.

Kepala Desa (Kades) Kalong Liud Jani Nurjaman menceritakan, pasca jebolnya bendungan itu, warganya saat ini terpaksa tidak bisa melakukan aktivitas bercocok tanam.

Baca Juga :  Kecelakaan Mengerikan: Mobil Ertiga Hantam Pedagang Jamu di Leuwisadeng Bogor

“Kalau untuk sekitar ladang pertanian sudah tiga tahun ini kering, pasca bencana banjir tahun 2020 memang masyarakat sudah tidak dapat melakukan aktivitas pertanian dalam hal ini cocok tanam ladang pertanian,”bebernya

“Oleh karena itu dengan terjadinya bendungan jebol yang mana bendungan Primer yang mengairi 80 hektare ladang persawahan ini sampai sekarang tidak dalam bercocok tanam,” Katanya.

Dia mengatakan, warga saat ini sangat kesusahan akibat tidak ada air yang mengalir, bahkan para pertani harus menunggu turun hujan bila ingin bercocok tanam dilahanya.

Baca Juga :  Prajogo Pangestu: Kisah Inspiratif Penguasa Industri dari Kalimantan yang Mendukung IKN

“Adapun kemaren sedikit ada yang memanfaatkan bercocok tanam padi itu hanya menggunakan air dikala musim hujan, itu baru masyarakat bisa bercocok tanam,”ujar Jani Nurjaman.

Lebih lanjut, Jani mengatakan karena kekeringan, warga saat ini hanya bisa memanfaatkan ladangnya untuk menanam sayur mayur saja.

“Di musim kekeringan ini masyarakat juga ada yang beralih komoditi contohnya tanaman singkong sayur mayur, secara umum ladang pertanian ini kering karena tidak ada sama sekali suplai air dari bendungan yang jebol,” Katanya.

 

 

Editor: Ham

Artikulli paraprakBus Pariwisata Terguling di Ciater Subang, Diduga Sopir Tak Kuasai Medan
Artikulli tjetërParah !! Belum Kurun 1 Bulan, Peristiwa Asusila 2 Kali Terjadi Di Tenjolaya Bogor