Beranda Advetorial Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Minta Jayabaya Group Selesaikan Jalur Tambang Tahun Depan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Minta Jayabaya Group Selesaikan Jalur Tambang Tahun Depan

Publikbicara.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil intervensi jalur tambang Cigudeg Rumpin Agar dapat beroperasi pada tahun 2024.

 

Hal itu dikatakan Kang RK pada kunjungan pengecekan jalur tambang di Desa Rengas Jajar Kecamatan Cigudeg pada Senin 29 Mei 2023 siang tadi.

Kang RK Mengatakan pekerjaan jalan tol tambang tersebut sebetulnya sudah dikerjakan beberapa bulan kebelakang bahkan hasil saat ini sudah 11 kilometer pencapaiannya.

“Bahwa jalan tol khusus tambang sudah dimulai sebenarnya tetapi hari ini di upacarakan, sudah 11,5 kilometer sudah terbebaskan dan mayoritas jalanya sudah terbentuk dalam bentuk jalan tanah,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil

RK menjelaskan proyek pengalihan jalur pertambangan itu adalah inovasi yang baru ada bahkan satu-satunya di Indonesia.

“Ini inovasi baru, Kan biasanya jalur itu untuk semua kendaraan tetapi ini hanya khusus truk tambang berbayar, maka inovasi dimulai dari regulasi dulu,” katanya.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Atas Gelombang: Kado Sepesial Mayor Tedy di Kampung Nelayan Jakarta

Bahkan, saking baru pertama kali mengeluarkan inovasi itu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) ikut serta dalam mengeluarkan peraturan jalur khusus tambang yang membentang di Cigudeg dan Rumpin tersebut.

 

“Sampai menteri ESDM mengeluarkan peraturan khusus untuk jalur ini, kemudian surat ijin dari Kabupaten Bogor yang didelegasikan sudah rilis AMDAL dan sebagainya,” Jelasnya.

 

“Sehingga diharapkan satu tahun dari sekarang menurut perkiraan akan bisa beroperasi melewati 12 jembatan dan akan ada exit dan entry nya 8 titik, sehingga truk tidak banyak muter-muter yang bikin macet juga,” Sambungnya.

 

RK berharap jalur tersebut menjadi langkah yang baik untuk mengurai kemacetan hingga mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan truk tambang tersebut.

Baca Juga :  Nahloh! Usai Agustus ASN Akan Dipindahkan Ke-IKN : Ini Kata Basuki Hadimuljono

 

“Kalau ini selesai makan tidak terjadi lagi kecelakaan yang menyebabkan kematian, dan untuk jalur umum nya akan aspal sudah dianggarkan tetapi dikerjakan setelah jalur tambang beres, karena kalau sekarang maka akan rusak lagi dalam waktu dekat,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sementara ditempat yang sama, Owner Jayabaya Group.Mulyadi Jayabaya menjelaskan pekerjaan jalur tersebut saat ini masih menunggu hasil dari analisis dampak masyarakat (AMDAL) saja, dia mengklaim urusan pembebasan lahan sudah hampir rampung diselesaikan.

“Kita tinggal menunggu AMDAL saja pembebasan sudah 85 persen, maka mohon dukung untuk semuanya supaya pekerjaan lancar, Untuk penggarapan tidak ada pihak lain, Hanya Jayabaya saja.”Singkatnya.

 

Editor : Ham

Artikulli paraprak760 Siswa SD Se Kecamatan Cibungbulang Bogor Dilantik Jadi Dokcil
Artikulli tjetërAkses Jalan Usaha Tani di Neglasari Bogor di Bangun Menggunakan Dana Desa