Beranda Daerah Sejak Dilanda Musibah Tahun 2020 Bendungan Cibongas Tak Kunjung Diperbaiki

Sejak Dilanda Musibah Tahun 2020 Bendungan Cibongas Tak Kunjung Diperbaiki

Publikbicara.com – Pemerintah Desa Kalongliud Kecamatan Nanggung meminta Pemerintah Kabupaten Bogor, memperbaiki bendungan yang hancur diterjang banjir pada bencana 2020 lalu.

“Kondisi Bendungan Cibongas fungsinya untuk mengairi 2 kelompok tani (kelompok sukamaju dan Cempaka) luas lahan kurang lebih 80 hektar pesawahan,” ungkap Kepala Desa Kalong liud Jani Nurjaman kepada wartawan.

Jani mengaku pasca bencana Alam tahun 2020, petani sampai saat ini tidak dapat bercocok tanam lagi akibat tak ada air.

“Walaupun ada yang bertani karena terpaksa faktor kebutuhan untuk jaminan hidup dengan mengandalkan air tadah hujan,” kata Jani.

Baca Juga :  Pandangan Baru Mendikbud: Konon Aturan Baru Terkait Seragam Sekolah 2024 Membangun Identitas Bersama

Namun tahun 2022 pernah dilakukan pembangunan sumber APBD kabupaten, tapi hanya ditambal perbaikan tembok bendungan yang ada.

“Tapi proyek tersebut tidak mengerjakan bendungan yang ambrol (Rusak), sehingga bendungan tak berfungsi dan kondisinya sama sejak awal,” keluhnya.

Pemerintah Desa berharap respon dan tindakan pemerintah agar bendungan segera dilakukan perbaikan, agar lahan pertanian di 2 kelompok tani dapat berjalan normal.

“Kalau ada perbaikan minimal para petani bisa beraktivitas kembali, dan ladang pesawahan merupakan sumber kehidupan warga sekitar terutama untuk menjaga ketahanan pangan di desa,” tegasnya.

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

Bahkan ia mencatat bahwa bendungan masuk sebagai Aset Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

“Menurut keterangan Dinas PUPR melalui UPT infrastruktur Air yang di sampaikan dlm rakor mingguan (minggon) di kantor kecamatan Nanggung, tahun ini Tidak dianggarkan untuk rehabilitasi bendungan,” ucapnya

Dampaknya sebagian petani beralih komoditi menjadi tanaman sayur mayur, sebagai kegiatan lain akibat tak ada aliran sungai.

“Untuk alasan tidak masuk penganggaran tahun ini tak dijelaskan dengan detail, tapi kami bakal terus mendorong agar ada perbaikan total bendungan Cibongas,” katanya.
(Dzikri)

Artikulli paraprakPolsek Nanggung Segel Tempat Pengolahan Emas Ilegal di Nanggung Bogor
Artikulli tjetërKerap Dilewati Pejabat Negara Jalan Raya Rumpin Bogor Dibiarkan Rusak