Beranda Daerah Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Panglima TNI Datangi Papua

Upaya Pembebasan Pilot Susi Air Panglima TNI Datangi Papua

Publikbicara.com – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dari ibukota Jakarta tiba di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (17/4/2023). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pembebasan pilot susi air yang masih ditahan oleh

Kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Informasi diperoleh bahwa kedatangan Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Kedatangan Panglima TNI secara tidak terencana ini terkait dengan peristiwa kontak tembak antara pasukan KKB dengan pasukan TNI Satgas Yonif Rider 321/GT, yang hingga kini baru dipastikan 1 personel Yonif Rider 321/GT gugur bernama Pratu Miftahul Arifin.

Baca Juga :  Larangan Prabowo Kepada Relawan Prabowo-Gibran Untuk Aksi Masa di Gedung Mahkamah Konstitusi

Kodam XVII/Cenderawasih menyebutkan, kontak tembak terjadi pada Sabtu, 15 April 2023 saat personel TNI mengevakuasi jenazah Pratu Miftahul Arifin yang tertembak dan jatuh ke dalam jurang.

“Akibat kejadian itu, masih belum diketahui secara pasti berapa jumlah prajurit yang menjadi korban baik yang gugur maupun luka-luka,” demikian dikatakan Kapendam Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman pada Minggu, 16 April 2023.

Baca Juga :  Ini Lokh Wasit Kontroversial di Balik Duel Persija vs Persib Bandung dan Drama Asian Games 2018 : Wasit Shaun Evan

Informasi lainnya yang sempat beredar menyebutkan terdapat 6 personel TNI meninggal dunia serta 9 lainnya ditawan KKB dan dirampas senjatanya.

Sementara 21 personel TNI lainnya dikabarkan hilang, namun belakangan sebagian telah berhasil kembali ke tim setelah sebelumnya sempat terpencar bersama rekan-rekannya saat terlibat kontak tembak dengan KKB diduga pimpinan Egianus Kogoya selaku Panglima TPNPB-OPM dari Kodap III Ndugama-Derakma yang berbasis di Kabupaten Nduga.

 

Editor : Baba Dzikri

Sumber: seputarpapua.com

Artikulli paraprakPemudik ke Banjar Patroman Hindari Macet dan Penumpukan Pemudik Berangkat Lebih Awal 
Artikulli tjetërSebanyak 17.340 Miras Berbagai Jenis Dimusnahkan Polres Bogor