Beranda Hukum Rafael Alun Trisambodo Penuhi panggilann KPK Hari Ini

Rafael Alun Trisambodo Penuhi panggilann KPK Hari Ini

Publikbicara.com, – Mantan Pejabat Dirjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, yang merupakan ayah dari Mario Dandy memenuhi panggilan KPK. Ia datang untuk diperiksa terkait Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) miliknya. KPK membenarkan Rafael telah tiba memenuhi panggilan pemeriksaan pagi ini.

Penyidik akan mengklarifikasi terkait LHKPN milik Rafael. “Yang bersangkutan sudah hadir di Gedung Merah Putih KPK,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Rabu (1/3/2023). Pantauan tim tvone, Rafael tiba  di gedung KPK sekitar pukul 08.05 WIB. Rafael nampak menggunakan kemeja batik serta dilengkapi dengan jaket.

Setelah tiba di gedung KPK, ia kemudian duduk di ruang tunggu pemeriksaan.  Sebelumnya, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, Rafael Alun akan mengklarifikasi harta kekayaannya dengan Direktorat LHKPN. Ia menyebut permintaan klarifikasi tersebut akan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK. “Rabu 1 Maret, tim Direktorat PP LHKPN agendakan permintaan klarifikasi tehadap Rafael Alun Trisambodo di K4 Gedung Merah Putih pukul 09.00 WIB,” ujar dia pada Selasa 28 Februari 2023 melalui keterangan tertulis.

Baca Juga :  Transformasi Strategis: Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Gencar Lakukan Mutasi Besar-besaran Selama Bulan Suci Ramadan

KPK diagendakan mengklarifikasi Rafael Alun tentang beberapa hal soal harta kekayaannya yang menjadi sorotan publik.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut salah satu materi yang akan ditanyakan nanti adalah bagaimana Rafael Alun memperoleh harta kekayaannya tersebut. “Untuk mengklarifikasi menyangkut penghasilan, kan itu. Kan di LHKPN itu selain menanyakan jumlah harta tapi juga sumbernya.

” kata Alex saat ditemui di Gedung ACLC KPK, Jakarta pada Selasa, 28 Februari 2023. Selain itu, Alex menyebut KPK juga akan mendalami kepemilikan sejumlah barang mewah dari Rafael Alun.  Termasuk, kata dia, adalah mobil berjenis Jeep Rubicon dan motor bermerk Harley Davidson yang sempat dipamerkan sang anak di media sosial. “Akan kita klarifikasi. Dia bilang bukan miliknya,” ujar dia.

Baca Juga :  Memahami Pungsi Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Dalam Membangun Kader Unggul untuk Masa Depan

Alex menyebut keterangan dari Rafael Alun akan menjadi informasi awal bagi KPK. Ia mengatakan, bisa jadi pascaklarifikasi tersebut KPK akan memanggil pejabat negara yang lain untuk melakukan upaya klarifikasi harta kekayaannya juga.  “Ini kebetulan ada satu peristiwa, sebetulnya banyak pejabat kita yang melaporkan harta kekayaannya kalau kita lihat profilnya tidak match,” ucap Alex.

Rafael Alun merupakan pejabat pajak yang sedang disorot karena diduga memiliki harta dalam jumlah jumbo. Hal itu merupakan buntut dari kasus penganiayaan terhadap David Latumahina oleh anak Rafael Alun, Mario Dandy.

Editor : Cep Rendra
Sumber : TvOneNews.com

 

 

Artikulli paraprakDelapan anak di Garut Meninggal Dunia Karena Difteri Ini Kata Gubernur Ridwan Kamil
Artikulli tjetërSiswa SMK di Ciampea Bogor Hendak Tawuran Malam Hari di Gagalkan polisi