Beranda Ekonomi Airlangga Hartarto: Devisa Hasil Ekapor yang Ditahan Mampu Menghasilkan Cadangan Devisa Hingga...

Airlangga Hartarto: Devisa Hasil Ekapor yang Ditahan Mampu Menghasilkan Cadangan Devisa Hingga US$50

Publikbicara.com,- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kebijakan Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang ditahan selama tiga bulan bisa menghasilkan cadangan devisa hingga US$50 miliar dalam setahun.

“Jadi devisa hasil ekspor diwajibkan ditahan tiga bulan di Indonesia, yang ditahan sekitar 30 persen. Dari situ, angka hitungan kami menunjukkan kita bisa menyimpan dalam satu tahun sekitar US$40 sampai US$50 miliar,” kata Airlangga dalam webinar Economic Outlook 2023 di Jakarta, dikutip dari Antara, bebernya waktu yang lalu.

Baca Juga :  Pelatih Sun Hong Ungkap Kesiapan Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 Timnas Garuda Muda

Saat ini pemerintah sedang menggodok aturan terkait kewajiban 30 persen DHE suatu perusahaan ditahan di Indonesia selama tiga bulan.

Menurutnya, kebijakan serupa juga sudah diterapkan oleh Malaysia, Thailand, dan Turki yang menahan DHE di dalam negerinya bahkan hingga satu tahun, atau ditukar ke mata uang lokal.

Baca Juga :  Wanhay Ungkap Strategi Partai Golkar Kabupaten Bogor: Konsolidasi dan Koalisi Menuju Pilkada 2024

“Pemerintah melalui Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang memproses insentif sehingga fasilitas penyimpanan valuta asing yang diberikan oleh Indonesia sama dengan Singapura,” katanya.

Dengan kebijakan ini, ia berharap perbankan dapat memiliki devisa yang cukup untuk menopang pembayaran utang luar negeri pemerintah yang jatuh tempo pada tahun,

Editor : Cep Rendra

Artikulli paraprakGelar Patroli Malam Hari Kapolsek Kircon Bandung Imbau Warga Ikut Jaga Kemananan Lingkungan
Artikulli tjetërSelama Satu Bulan Satnarkoba Polresta Bandung Ungkap 39 Tersangka Narkotika