Beranda Internasional Turki Diguncang Gempa Magnitudo 7,8 Vladimir Putin Langsung Tawarkan Bantuan ke Erdogan

Turki Diguncang Gempa Magnitudo 7,8 Vladimir Putin Langsung Tawarkan Bantuan ke Erdogan

Publikbicara.com,- Gempa Turki Berkekuatan Magnitudo 7,8 yang menewaskan ribuan orang menjadi perhatian banyak pihak di seluruh dunia. Termasuk para pemimpin negara.Termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin 6 Februari 2023 menawarkan bantuan kepada Suriah dan Turki,

Diketahui Rusia memang memiliki hubungan yang erat dengan Suriah dan Turki. Putin selama ini dikenal sebagai penyokong setia Presiden Suriah Bashar al-Assad, tetapi dia juga bersahabat dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang berusaha menjadi penengah dalam perang di Ukraina.

“Terimalah belasungkawa mendalam saya atas begitu banyak korban manusia dan kehancuran begitu dahsyat yang diakibatkan gempa bumi dahsyat di negara Anda,” kata Putin kepada Erdogan seperti dilaporkan Reuters. “Dalam kaitan ini kami siap memberikan bantuan yang diperlukan.”

Baca Juga :  Operasi Petir: Penangkapan Epik Sembilan Penambang Emas Nakal oleh Tim Patroli Antam

Dalam pesan yang sama kepada Assad, Putin mengungkapkan Rusia “turut merasakan kesedihan dan kepedihan mereka yang kehilangan orang-orang terkasihnya. Putin juga menyatakan Rusia siap memberikan bantuan.

Rusia menyatakan sudah menyiagakan dua unit pesawat Ilyushin-76 untuk misi penyelamatan dan siap diterbangkan ke Turki guna membantu upaya pencarian korban. Kementerian kedaruratan Rusia menyatakan 100 petugas penyelamat sudah disiagakan.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Atas Gelombang: Kado Sepesial Mayor Tedy di Kampung Nelayan Jakarta

Selama perang saudara di Suriah, Rusia menyokong Assad dengan meluncurkan operasi militer yang turut mengubah pendulum perang menjadi menguntungkan Assad, kendati Barat menyeru pemimpin Suriah ini mundur.

Rusia memiliki sebuah pangkalan angkatan laut di Tartus di wilayah pantai Suriah dan mengoperasikan pangkalan udara Khmeimim di sebelah utara Tartus. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa gempa bumi dahsyat itu tidak berdampak kepada fasilitas-fasilitas militer Rusia di Suriah.

Editor : Cep Rendra

Artikulli paraprakResep Dadar Gulung Ayam Cocok untuk Bekal Anak Kesekolah
Artikulli tjetërSatu Abad NU, Presiden Hingga Ulama Besar dan Satu Juta Umat Nahdliyin Hadir di Sidoarjo