Beranda Kesehatan Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan,Berikut Penjelasannya

Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan,Berikut Penjelasannya

Publikbicara.com – Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Terong Belanda memiliki manfaat untuk kesehatan. Kebanyakan mereka hanya tau menikmati masakan terong Belanda yang enaknya saja.

Perlu diketahui bahwa Manfaat terong Belanda dipercaya menguntungkan kesehatan, sebab kandungannya yang kaya vitamin. Terong Belanda juga bisa dijadikan minuman jus, campuran sup, dan salad buah.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi terong Belanda karna memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat terong Belanda untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Dilansir dari Time today.id

Manfaat Terong Belanda bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat mengonsumsi terong belanda untuk kesehatan, simak ini.

1.Membantu menurunkan berat badan

Buah terong belanda memiliki jumlah kalori yang sedikit, bebas lemak dan kolesterol, serta tinggi serat.

Rutin minum jus terong belanda bisa membantu proses detoksifikasi, karena sifat asamnya efektif melunturkan lemak dalam tubuh.

2.Mengontrol kadar gula darah

Magnesium, kalsium, zat besi adalah kelompok mineral penting yang berguna mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.Semua mineral tersebut bisa dengan mudah didapatkan dalam terong belanda. Anda dapat mulai mengonsumsinya supaya gula darah tubuh tetap stabil.

Baca Juga :  Melintasi Air Mata Kepala Desa: Kisah Emosional di Balik Penetapan UU Desa Baru

3.Meningkatkan elastisitas kulit

Kandungan vitamin A, C dan E dalam terong belanda dapat membantu menutrisi kulit sehingga elastisitasnya terjaga.

Antosianin, fenol dan flavonoid di dalamnya cukup efektif melindungi kulit dari stres oksidatif dan polusi, sekaligus bertindak sebagai anti-aging alami untuk mencegah penuaan.

4.Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, terong belanda juga mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan mata, supaya terhindar dari degenerasi makula.

Hal itu dikarenakan dalam terong belanda terdapat kandungan antosianin, yaitu senyawa flavonoid untuk memaksimalkan penglihatan.

5.Mencegah sakit jantung

Kalium merupakan salah satu nutrisi yang terdapat di terong belanda. Nutrisi ini bisa menyeimbangkan efek berbahaya dari kadar natrium tinggi di jantung.

Sementara serat tingginya berperan menahan penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh, untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

6.Tinggi vitamin

Setiap satu buah terong belanda dikemas dengan sejumlah vitamin penting seperti vitamin A, C, E dan pro-vitamin ASelain kaya antioksidan, nutrisi lainnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Gebyar Iftor Ramadhan Baitulmaal Ashqaf Bogor Bersama Santri Penghafal Qu'ran dan Sahabat Yatim

7.Antiinflamasi

Terong belanda dapat membantu mengurangi masalah peradangan, terutama pada radang amandel di sekitar kerongkongan.

Menurut sejarahnya, penduduk asli Ekuador sering kali merebus daun terong belanda, lalu membungkusnya di leher untuk mengobati radang tenggorokan.

8.Menekan risiko kanker

Antosianin di dalam terong belanda bersifat antioksidan kuat, yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tak hanya itu, buah berwarna oranye ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

9.Mencegah diabetes

Manfaat terong belanda selanjutnya yaitu mencegah diabetes, karena kaya antioksidan dari asam klorogenat dalam buah.

Asam klorogenat memiliki kadar indeks glikemiks rendah yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe II.

Itulah tadi manfaat dari terong Belanda untuk kesehatan. Dari sini kita bisa mengetahui berbagai manfaat yang ada di kandungan terong Belanda.

Artikulli paraprakBegini Cara Membuat Es Ceria, Nikmat Untuk Tajil Bulan Ramadan
Artikulli tjetërMantan Pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo Tutup Usia