Beranda Daerah Tips Menyimpan Motor di Saat Musim Penghujan

Tips Menyimpan Motor di Saat Musim Penghujan

Publikbicara.com–  Sebagai negara tropis, Indonesia kerap kali masih mengalami musim penghujan di kota awal tahun. Kondisi ini biasanya membuat beberapa kalangan pengguna sepeda motor akan mengganti pilihan alat transportasi seperti menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi. Dengan begitu sepeda motor akan lebih sering tersimpan di rumah.

Menurut Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Hariadi, dalam keterangannya, Jumat, jika sepeda motor tidak digunakan atau akan disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu, pemilik sepeda motor harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap prima saat akan digunakan kembali.

Tips pertama adalah mencuci sepeda motor. Sebelum menyimpan sepeda motor, baiknya pemilik mencuci sepeda motornya terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan menghindari munculnya jamur pada eksterior maupun komponen bergerak di sepeda motor.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, pemilik sepeda motor harus memastikan body sepeda motor segera dicuci jika terkena air hujan. Hal ini dikarenakan air hujan bersifat asam.

Baca Juga :  Bayar Zakat Fitrah Lebih Utama Pakai Beras Atau Uang? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Lebih lanjut, gunakan cover sepeda motor. Sarung atau cover sepeda motor memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu melindungi sepeda motor dari sinar UV jika disimpan di ruangan terbuka seperti carport, selain itu juga berguna untuk mencegah adanya lecet atau baret yang disebabkan adanya gesekan dengan benda, hewan, atau senggolan dengan sepeda motor lain.

“Pilihlah cover sepeda motor yang sesuai dengan peruntukan indoor atau outdoor, ukuran yang cukup dan pilihan bahan yang lembut dan tidak luntur,” katanya.

Lalu, memanaskan mesin sepeda motor. Meskipun tidak digunakan, namun pengendara perlu sesekali menghidupkan sepeda motor dan memanaskan mesin secukupnya kurang lebih 2 hingga 3 menit saja, dalam jangka waktu 1 kali dalam seminggu.

Akan lebih baik lagi jika sepeda motor bisa dikendarai ke luar rumah walau hanya sebentar. Kegiatan tersebut berguna untuk sirkulasi oli, bahan bakar dan rotasi ban motor.

Selanjutnya, perhatikan keamanan kunci sepeda motor. Meski menyimpan sepeda motor di area dalam rumah, pemilik sepeda motor harus tetap memperhatikan keamanannya.

Baca Juga :  Ketua KPU RI Laporkan 181 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, 4.770 Lainnya Alami Kecelakaan atau Sakit

Maka dari itu Suzuki juga menyarankan penggunaan kunci ganda untuk menghindari tindakan seperti pencurian sepeda motor. Suzuki sendiri telah menyematkan teknologi keyless ignition system seperti pada model GSX-R150 yang meningkatkan keamanan dan meminimalisir terjadinya tindak pencurian.

Sistem tersebut memungkinkan GSX-R150 dapat dioperasikan tanpa anak kunci dan hanya membutuhkan remote. Model sepeda motor Suzuki lainnya pun juga telah dilengkapi dengan fitur Shutter key lock untuk menutup lubang kunci ketika sedang tidak dipakai.

Tips lainnya, gunakan standar tengah. Hal ini selain bertujuan agar posisi kendaraan kokoh dan stabil, penggunaan standar tengah akan relatif membuat ruangan terasa lebih lega.

Lalu, lepaskan kabel aki. Hal ini diperlukan apabila kendaraan tersebut disimpan relatif lama, karena ketika kabel aki terpasang maka akan tetap terdapat aliran listrik ke berbagai komponen, sehingga dengan dilepas kabelnya maka, accu akan lebih terjaga performanya.(Antara)

Artikulli paraprakSmelter Freeport Menjadi Bagian Penting ekosistem Baterai Kendaraan Listrik yang Dicanangkan Pemerintah
Artikulli tjetërPSSI Tetapkan 11 Anggota KP dan KBP Pada Kongres Biasa 2023