Beranda News Samurai Biru Cetak Gol Tapi Berbau Kontroversial

Samurai Biru Cetak Gol Tapi Berbau Kontroversial

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM ‐‐
Jepang memastikan lolos sebagai juara grup E Piala Dunia 2022 usai mengecundangi Spanyol 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Kemenangan itu diwarnai gol yang bikin publik sepak bola dunia heboh. Samurai Biru mencetak gol kemenangan yang disebut berbau kontroversial.

Gol dicetak Ao Tanaka pada menit ke-51 yang mengubah skor menjadi 2-1. Pemain Fortuna Dusseldorf itu membobol gawang usai menerima umpan Kaoru Mitoma.

Perdebatan muncul karena sekilas bola diduga sudah lebih dulu keluar lapangan sebelum diumpan Mitoma ke arah Tanaka. Namun VAR menyatakan bola tetap aktif.

Dalam tayangan ulang, bagian bawah bola nampak sudah keluar garis. Namun bagian sisi bola lainnya dianggap masih menyentuh garis lapangan meski sangat tipis.

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

“Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. [Kaoru] Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup,” bunyi keterangan FIFA.

Peraturan nomor sembilan dalam Laws of the Game 2022/2023 dari International Football Association Board (IFAB) juga mengatur soal ini.

Pasal 9.1 Law of the Games menyebut: “Bola keluar dari permainan ketika sepenuhnya melewati garis gawang atau garis sentuh, baik di tanah atau di udara.”

Dalam aturannya tersebut bola dinyatakan keluar saat keseluruhan bagian telah melewati garis gawang atau garis tepi lapangan, baik itu saat bola menyentuh rumput lapangan atau dalam kondisi berada di udara.

Baca Juga :  Dewa United Menang Telak 3-0 di Kandang Lawan Persebaya

Dalam kasus gol Tanaka, bagian bola yang menyentuh rumput sudah meninggalkan garis gawang sebelum diumpan Mitoma, tetapi secara keseluruhan bagian bola yang tidak menyentuh rumput belum sepenuhnya melewati garis tepi lapangan permainan.

Hal itu pula yang membuat wasit Victor Gomes mengesahkan gol kedua Jepang setelah mengecek VAR.

Jepang pun dipastikan lolos ke 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup E ditemani Spanyol yang finis di posisi kedua karena unggul selisih gol atas Jerman.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakSri Mulyani: Tidak Mudah Capai PDB Diatas 5 Persen Tahun 2023
Artikulli tjetërPenghasilan Menurun Akibat Proyek Jalan Molor, Supir Angkot di Tenjolaya Protes