Beranda Nasional 4 fakta Insiden Helikopter Polri Hilang Kontak di Babel

4 fakta Insiden Helikopter Polri Hilang Kontak di Babel

BANGKA BELITUNG,PUBLIKBICARA COM – Helikopter Polri P1103 hilang kontak di Bangka Belitung (Babel). Hingga kini, Polri dan petugas gabungan masih melakukan pencarian.

Dirangkum detikcom, Senin (28/11/2022), insiden helikopter Polri hilang kontak di Babel iti terjadi pada Minggu (27/11) siang. Berikut sejumlah fakta terkini seputar peristiwa ini:

1.Layak Terbang
Belum diketahui penyebab helikopter P1103 itu hilang kontak. Namun, Polri memastikan helikopter itu layak terbang.

“Kondisinya layak terbang,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, kepada wartawan, Minggu (27/11/2022).

Ramadhan belum bisa menyimpulkan apakah helikopter tersebut jatuh atau tidak. Menurut Ramadhan, terlalu dini menyimpulkan helikopter tersebut jatuh.

“Jadi pesawat tersebut datanya NBO105/P-1103,” katanya.

2.Lewati Cuaca Buruk
Ramadhan menerangkan ada dua helikopter dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan, Kepulauan Bangka Belitung. Dua helikopter itu teregistrasi P1113 dan P1103.

“Pukul 08.15 dua unit helikopter take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun. Kemudian pukul 11.00, dua unit helikopter dari Pangkalan Bun. Jadi, dua helikopter tadi dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan, Belitung, dalam kondisi layak terbang, setelah sebelumnya mengisi bahan bakar,” ujar Ramadhan.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Dia mengatakan dua helikopter itu melewati cuaca buruk. Pilot helikoter P1113, kata Ramadhan, mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki. Sementara pilot helikopter P1103 turun ke ketinggian 3.500 kaki.

“Posisi di pukul 14.00 WIB, kapten pilot helikopter P1113 berusaha memanggil crew helikopter P1103 melalui frekuensi radio helikopter, namun tidak ada jawaban,” paparnya.

Setengah jam kemudian helikopter P1113 mendarat di Bandara Tanjung Pandan. Sementara helikopter P1103 masih dalam kondisi hilang kontak.

“Cek posisi helikopter P1103 di tower, jadi masih lost contact,” ucapnya.

3.Bawa 4 Kru
Helikopter tersebut membawa 4 kru. Belum diketahui nasib 4 kru tersebut.

Pesawat tersebut kondisinya layak terbang, dan dengan crew ada empat orang,” ucap Ramadhan.

Di lain kesempatan, Kabid Humas Polda Babel Kombes Maladi mengungkap identitas 4 kru helikopter Polri yang hilang kontak.

Baca Juga :  Kontroversi di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23: Ivar Jenner Sorot Nasrullo Kabirov

“AKP Arif Rahman Saleh (Kapten), Briptu Lasminto, Aipda Joko M, Bripda Anam,” ucap Maladi.

Personel dari Korpolairud Baharkam Polri hingga Polda Babel telah diterjunkan untuk melakukan pencarian.

4.Jok ‘Polisi Udara’ Ditemukan
Seorang nelayan bernama Sobri menemukan 3 jok helikopter di perairan antara Pulau Buku Limau dengan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Jok tersebut berwarna biru bertuliskan polisi udara.

“Terima informasi bahwa sekitar pukul 14.00 WIB terkonfirmasi 3 buah jok heli ditemukan oleh nelayan atas nama Sobri di perkirakan 3 Nm dari Pelabuhan Manggar,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Imade Oka Astawa S.H., M.SI melalui keterangan tertulis yang diterima detikSumut, Senin (28/11/2022).

Jok kursi tersebut kini dievakuasi di Pos Manggar. Jok itu berbentuk bantalan segi empat.

“Ada beberapa debris yang terlihat, namun yang diambil hanya 3 buah jok,” ucap Imade.

Sumber :Detik

Artikulli paraprakViral Ormas Cabut Label Gereja Di Tenda Bantuan Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Ambil sikap Tegas
Artikulli tjetërKompak, Unsur Masyarakat di Desa Sadeng Galang Donasi Untuk Korban Bencana Cianjur