Beranda Kesehatan Tak Cuma Batuk dan Flu, Ini 7 Ciri-Ciri Gejala Covid-19 BN.1

Tak Cuma Batuk dan Flu, Ini 7 Ciri-Ciri Gejala Covid-19 BN.1

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM — Masyarakat perlu tahu ciri-ciri Covid-19 BN.1 yang tengah menjadi perbincangan agar bisa waspada terhadap gejalanya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers of Disease Control Prevention/CDC), BN.1 merupakan subvarian atau hasil mutasi dari varian Covid-19 Omicron.

Subvarian ini sudah ditemukan di lebih dari 30 negara di dunia, di antaranya Amerika Serikat, Austria, Australia, Inggris, India, Jerman, hingga Korea Selatan, meski belum ada penemuan kasus di Indonesia.

Kendati begitu, mengenal gejalanya tetap penting. Apalagi, ciri-ciri subvarian Covid-19 ini tidak cuma batuk dan pilek seperti gejala yang umum terjadi pada penderita Covid-19 varian Omicron dan varian-varian sebelumnya.

Menurut berbagai sumber, gejala subvarian ini mirip dengan Omicron pada umumnya dengan tingkat gejala ringan ke sedang. Berikut ciri-ciri gejala Covid-19 BN.1.

1.Batuk
Batuk merupakan salah satu ciri-ciri Covid-19 Omicron dengan subvarian BN.1. Biasanya, batuk yang dialami berupa batuk kering, bukan berdahak.

Hal ini menjadi pembeda dengan kondisi orang yang terserang flu biasa. Jika flu biasa disertai batuk, umumnya berupa batuk berdahak, sedangkan saat Covid-19 subvarian BN.1 berupa batuk kering.

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

2.Pilek
Sama seperti varian Omicron pada umumnya, gejala Covid-19 BN.1 juga berupa pilek atau keluar lendir dari hidung. Kebetulan, memang saat ini virus influenza juga tengah mewabah di Indonesia seiring perubahan iklim dan cuaca.

Untuk lebih pasti dalam membedakan, apakah Anda terserang pilek biasa atau pilek karena subvarian BN.1, sebaiknya lakukan tes antigen atau PCR.

3.Sakit tenggorokan
Bukan cuma batuk dan pilek, ciri-ciri Covid-19 BN.1 juga berupa sakit tenggorokan. Hal ini terjadi karena penderita juga mengalami batuk kering.

Batuk kering biasanya memang menimbulkan gatal di tenggorokan sehingga muncul rasa sakit di bagian tersebut.

4.Sakit kepala
Keluhan lain ketika terserang Covid-19 Omicron subvarian BN.1 adalah merasakan sakit kepala. Rasa sakit yang dialami berupa pusing, berdenyut, hingga tertekan.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Atas Gelombang: Kado Sepesial Mayor Tedy di Kampung Nelayan Jakarta

Sakit kepala biasanya terjadi karena reaksi peradangan akibat tubuh tengah melawan virus yang masuk.

5.Kelelahan
Gejala lain dari Covid-19 BN.1 yang juga kerap terjadi adalah penderitanya mengalami kelelahan. Hal ini ditandai dengan tubuh yang tiba-tiba menjadi lemas atau mudah lelah setelah beraktivitas.

Sebelumnya, gejala ini juga dialami oleh penderita Covid-19 varian dan subvarian lain.

  1. Nyeri otot atau sendi
    Tak hanya Covid-19 varian lain, pada subvarian BN.1 juga ditemukan gejala berupa nyeri otot atau sendi. Rasa nyeri ini bisa menjalar ke bagian tubuh lain.

7.Demam
Demam juga menjadi salah satu tanda Covid-19 BN.1. Kondisi ini ditandai dengan adanya peningkatan suhu tubuh dari kondisi normal.

Demikian ciri-ciri Covid-19 BN.1. Jika timbul gejala serupa, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan tes antigen atau PCR.

Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan mendasar, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan.

Sumber : CNN Indonesia

Artikulli paraprakTahun Depan Jalan Otista Kota Bogor Bakal Ditutup Sembilan Bulan
Artikulli tjetërTidak Cuma Alkohol, Konsumsi Minuman Tertentu Memicu Penyakit Asam Urat