Beranda News Dituding Lebih Boros, Pertalite Bakal Diuji Lagi

Dituding Lebih Boros, Pertalite Bakal Diuji Lagi

JAKARTA,PUBLIKBICARA.COM – Kualitas Pertalite masih dipertanyakan sebagian penggunanya. Ada yang mengatakan setelah harganya naik jadi Rp 10.000 per liter, Pertalite lebih boros. Sejumlah pengendara mengeluhkan penggunaan Pertalite dengan volume yang sama tapi lebih cepat habis dibandingkan dulu.

Tidak cuma itu, ada juga yang menuding warna Pertalite berubah jadi lebih bening. Pemerintah lewat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi pun kemudian melakukan pengujian terhadap BBM RON 90 keluaran Pertamina itu.

Sebagai tahap awal, Lemigas mengambil sampel di 6 SPBU Jakarta. Ada dua SPBU yang dikelola swasta (DODO) dan empat lainnya dikelola Pertamina (COCO). Hasilnya, seluruh Pertalite di 6 SPBU tersebut memenuhi spesifikasi dan tidak terbukti kualitasnya menurun.

“Ternyata semuanya on spec (spesifikasi), tidak ada yang off spec. Yang disampaikan oleh masyarakat itu menurut kami dari 19 parameter yang diuji itu ya tidak benar, tapi kami terus melakukan di tempat lain,” ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dikutip CNBC Indonesia.

Baca Juga :  Semarak Ramadhan Kwatir Ranting Pramuka Cigudeg dengan Kegiatan "Rantang Ramadan Pramuka"

Tapi hasil itu belum final. Tutuka mengatakan pihaknya akan mengambil sampel Pertalite di SPBU lain guna membuktikan kualitas Pertalite tersebut.

“Kami belum bisa ambil keputusan itu, ini kan baru enam, saya juga tidak bisa mengatakan itu (kualitas RON 90 turun) salah. Tapi nanti kalau sudah banyak sampel kira-kira representatif untuk daerah yang kita uji, baru kami sampaikan. Karena kalau cuma satu, nggak representatif,” sambungnya.

Sampel yang diperoleh dari keenam SPBU tersebut kemudian diuji secara teknis terkait standar dan mutu Pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal Migas No.0486.K/10/DJM.S.2017 tentang Standar dan Mutu BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di Dalam Negeri.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartwatch Samsung : Dari Fitur Hingga Harga

Sekadar informasi, untuk membuktikan kualitas Pertalite, Lemigas menguji 19 parameter. Adapun 19 parameter yang dimaksud adalah angka oktana, stabilitas oksidasi, kandungan sulfur, sulfur merkaptan, kandungan timbal, kandungan logam, kandungan oksigen, kandungan olefin, kandungan aromatik, kandungan benzene, distilasi, sedimen, unwashed gum, washed gum, tekanan uap, berat jenis pada 15 derajat celcius, korosi bilah tembaga, penampilan visual, dan warna.

Dari hasil pengujian tersebut, terlihat Pertalite di keenam SPBU memenuhi batasan mutu yang ditetapkan. Misalnya angka oktan di SPBU Abdul Muis 90,5, di Sunter 90,1, di S.Parman 90,2 di Lenteng Agung 90,6, Taman Mini masing-masing 90,7, dan 90,6. Warnanya pun sama yakni hijau dengan penampilan jernih dan terang. Kandungan sulfur pun masih di bawah ambang batas maksimal yang ditetapkan.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakKopasgat Gelar Syukuran HUT ke 75 Bersama Purnawirawan
Artikulli tjetërPuluhan Tong Sampah Bantuan PT Antam Pongkor Akan Ditebar di Terminal Leuwiliang