Beranda Kesehatan Susah BAB?Berikut Aktivitas Yang Bantu Anda Buang Air Besar

Susah BAB?Berikut Aktivitas Yang Bantu Anda Buang Air Besar

Jakarta, Publikbicara.com ‐ Setiap orang disarankan untuk buang air besar (BAB) secara rutin setiap hari. Namun, ada kalanya seseorang mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar. Jika itu terjadi, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas yang membantu buang air besar.
Aktivitas yang membantu buang air besar ini merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk merangsang gerakan atau kontraksi di sistem pencernaan. Kontraksi otot tersebut membuat kotoran bergerak keluar lebih cepat.

Berikut aktivitas yang bisa membantu untuk buang air besar.

1.Yoga
Gerakan yoga dapat membantu merangsang gerakan di usus. Anda bisa mencoba gerakan wind-relieving pose. Seperti namanya, gerakan ini juga membantu mengeluarkan angin atau gas dalam perut.

Baca Juga :  Gebyar Iftor Ramadhan Baitulmaal Ashqaf Bogor Bersama Santri Penghafal Qu'ran dan Sahabat Yatim

2.Makan bawang putih
Makan bawang putih dapat membantu buang air besar.
Dikutip dari US News, bawang putih mengandung fruktan yakni molekul yang dapat memicu gerakan di sistem pencernaan bawah dan membuat seseorang lebih mudah buang air besar.

3.Berjalan
Dikutip dari Web MD, Studi menunjukkan berjalan 10-15 menit beberapa kali dalam sehari membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik dalam memproses makanan. Kotoran sisa makanan pun akan lebih cepat sampai ke bawah dan siap dibuang.

Baca Juga :  Kebijakan PPN Naik 12%! Berikut Daftar Barang dan Jasa yang Tidak Terdampak : Kebutuhan Dasar Masyarakat Aman

Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat memperlancar sistem pencernaan.

4.Makan buah dan sayur tinggi serat
Konsumsi makanan tinggi serat yang banyak terdapat di buah dan sayur misalnya pepaya. Serat membantu sistem pencernaan lebih mudah dalam mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan.

5.Minum fermentasi
Selain buah sayur, minuman fermentasi seperti yogurt mengandung prebiotik yang tinggi. Kandungan ini baik untuk bakteri di dalam usus sehingga dapat memproses makanan dengan lebih cepat.

Itulah aktivitas yang membantu Anda untuk buang air besar.

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakUlar Phyton Masuk Tempat Sampah Warga Berhasil Dievakuasi Damkar
Artikulli tjetërAkibat Dibayangi Omicron, Rupiah Melemah Ke Rp14.212 Per Dolar