Beranda Internasional Inspiratif, Dokter Bedah Asal India Beri Layanan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Inspiratif, Dokter Bedah Asal India Beri Layanan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Jakarta, Publikbicara.com – Seorang dokter bedah asal India menjadi sosok inspiratif. Pasalnya, ia mendedikasikan hidupnya untuk membawa senyuman para keluarga dengan memberikan layanan operasi bibir sumbing gratis kepada anak-anak.

Dikutip dari Oddity Central, Selasa (21/12/2021), dokter tersebut bernama Dr Subodh Kumar Sigh. Ia lahir dari keluarga sederhana di Varanasi, negara bagian Uttar Pradesh, India.

Ketika umurnya 13 tahun, ayah dari Dr Subodh Kumar Singh meninggal dunia. Semenjak ayahnya tak ada, ia dan ketiga kakak harus menjadi tulang punggung keluarga dengan berjualan lilin, kacamata dan sabun di jalanan.

Baca Juga :  Ketua KPU RI Laporkan 181 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, 4.770 Lainnya Alami Kecelakaan atau Sakit

Sampai pada akhirnya, kakak-kakak Subodh harus berhenti sekolah untuk menghidupi keluarga. Namun mereka memastikan Subodh dapat melanjutkan pendidikan dan menggapai cita-citanya sebagai seorang dokter.

Pada akhirnya Subodh berhasil lulus dari Institut Ilmu Kedokteran, kemudian melanjutkan sekolahnya di bidang bedah umum dan mengambil spesialis bedah plastik.

Dikutip dari The Better India, Dr Singh mengungkapkan alasan mengapa dirinya ingin menjadi seorang dokter.

“Kesulitan membuat saya kuat dan memahami perjuangan setiap orang beserta emosi yang mereka alami. Menjadi seorang dokter menempatkan diri saya dalam posisi di mana saya harus membantu orang lain. Saya ingin membuat kehidupan orang-orang kurang beruntung, lebih baik,” terang Dr. Singh.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartwatch Samsung : Dari Fitur Hingga Harga

Menyadari banyak bayi dan anak-anak lahir dengan bibir sumbing, ia mulai mengorganisir sebuah kamp medis gratis dan memberi bantuan sebanyak mungkin. Usahanya tersebut mendapat perhatian dari Smile Train, sebuah inistiatif global yang berfokus pada operasi sumbing.

Dengan dukungan mereka dan LSM lainnya, Dr. Singh dapat membantu banyak orang hingga mencapai 37 ribu operasi.

Sumber : Detik

Artikulli paraprakSoal Kemacetan di Wilayah Bogor Barat Ditanggapi Bupati
Artikulli tjetërAjang Balap Formula E Bakal Digelar di Ancol