Beranda Kesehatan Si pahit kaya Akan Manfaat

Si pahit kaya Akan Manfaat

Bogor,publikbicara.com – Jenis rasa sebuah makanan terdiri dari beberapa bagian. Salah satunya pahit yang jarang disukai oleh banyak orang. Padahal, di dalamnya terdapat beragam peran baik bagi kesehatan tubuh, lho.

 

Disadur dari hellosehat, sehatq, dan klikdokter, 4 asupan di bawah ini memiliki rasa pahit, tapi dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi harian yang mampu menjauhimu dari berbagai penyakit.

 

  1. Teh Hijau

 

Teh hijau menjadi salah satu bahan makanan dan minuman yang kurang disukai. Rasa dasarnya cenderung pahit, tapi memiliki berbagai peran penting dalam menjaga kesehatan. Pasalnya, terdapat kandungan polifenol yang bekerja sebagai antioksidan.

 

Fungsinya membantu melawan radikal bebas dan peradangan, serta mengurangi penyakit jantung. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi secangkir teh hijau dapat menurunkan risiko serangan jantung.

 

Kemudian, yang lainnya mengungkapkan bahwa tanaman ini mampu menghindarimu dari berbagai jenis kanker.

 

Selain itu, teh hijau juga dikenal ampuh untuk menurunkan kadar lemak jahat pada tubuh melalui feses. Tidak heran jika para pelaku diet sering menjadikannya asupan harian, termasuk di waktu sarapan.

Baca Juga :  Penomena Langka: Ramdhan Akan Diulang Dua Kali dalam Setahun. Berikut Ulasannya!

 

  1. Pare

 

Pare merupakan makanan pahit yang paling dikenal banyak orang. Biasa ditemukan pada penjual siomay, dengan proses memasak yang dikukus atau rebus. Bentuknya memanjang sedikit bergerigi dan berwarna hijau.

Meskipun terasa pahit, nyatanya pare memiliki kandungan seperti flavonoid, polifenol, dan triterpenoid yang mampu menghambat perkembangan sel kanker.

 

Kemudian, dapat digunakan sebagai penurun kadar gula darah pada penderita diabetes juga, lho.

 

  1. Bubuk Kokoa

 

Cokelat yang kamu tahu memang terasa manis karena sudah dicampur dengan berbagai racikan lainnya. Namun, bahan utamanya yakni bubuk kokoa justru memiliki rasa yang cenderung pahit dan tawar.

 

Namun, bubuk kokoa mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Diantaranya dapat melindungi jantung, mengurangi peradangan, dan memperlebar pembuluh darah yang diperoleh dari antioksidan serta polifenol.

 

Tak hanya itu, ada juga kandungan mineral, seperti tembaga, zat besi, mangan, dan magnesium yang memberikan nutrisi pelengkap. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Baca Juga :  Reformasi Kesehatan 2025: Segini Harga Iyuran Sistem BPJS Kesehatan

 

 

  1. Sayuran Cruciferous

 

Istilah ini mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Namun, beberapa jenis sayuran yang tergolong di dalamnya pasti sering kamu temukan. Diantaranya adalah kol, lobak, sawi hijau, pakcoy, kembang kol, dan brokoli.

 

Semua sayuran tersebut dikonsumsi oleh banyak orang, namun tidak sedikit yang kurang menyukainya karena terasa pahit. Hal ini dikarenakan kandungan glucosinolates yang sebetulnya memiliki manfaat baik bagi kesehatan.Sayur jenis cruciferous juga dilengkapi berbagai fitonutrien.

 

Mulai dari antioksidan, flavonoid, karotenoid, hingga sulforaphane. Seluruh senyawa kimia alami ini dapat membantu organ hati dalam menetralkan racun, serta mengurangi paparan zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh.

 

Itulah keempat asupan dengan rasa pahit namun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu tertarik untuk mengonsumisnya?

 

 

Sumber: suara.com

Artikulli paraprakUMK Kabupaten Bogor Tak Naik, Buruh Ancam Demo Besar
Artikulli tjetërInilah Risiko Asap Rokok Yang Menjadi Penyakit Paru- Paru