Beranda News Ternyata Naik Motor Menggunakan Sendal Itu Berbahaya, Ini Alasannya

Ternyata Naik Motor Menggunakan Sendal Itu Berbahaya, Ini Alasannya

Publikbicara.com – Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena mampu membungkus kaki dengan sempurna. Hal ini tentu akan berbeda jadinya ketika kita menggunakan sandal saat berkendara motor.

Meski praktis, pemakaian sandal untuk naik motor justru sangat berisiko. Memang ada kalanya pengendara motor membawa sandal sebagai jaga-jaga kalau hujan di jalan. Jadi, sepatu bisa disimpan dan berganti dengan sandal.

Namun sayangnya, seperti dikutip dari Wahana Honda, pengendara motor harus berhadapan dengan risiko di bawah ini ketika memilih untuk memakai sandal sebagai alas kaki waktu naik motor.

Baca Juga :  DKM Masjid Al-Barkah Dapat Bantuan dari Pemda Kabupaten Bogor : Bantuan Diberikan Saat Tarling

Risiko bahaya bila naik motor pakai sandal:

Risiko luka bakar
Tanpa terlindungi oleh sepatu, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika mengendarai motor sport.

Risiko tergores
Kaki pun berisiko mengalami luka gores jika hanya mengenakan sandal dan bukannya sepatu. Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil beterbangan, maupun benda-benda tajam yang ada di jalanan. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

Risiko cedera
Selain potensi luka bakar dan tergores, ada risiko cedera yang harus dihadapi jika tidak mengenakan sepatu waktu naik motor. Cedera bisa muncul apabila kaki tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar. Selain itu, apabila terjatuh, risiko cedera menjadi lebih besar karena kaki tidak terlindung seperti halnya jika mengenakan sepatu.

Baca Juga :  Babinsa Desa Bagoang : Pendampingan Penyaluran Beras Bulog Tahap 3 di Desa Bagoang Berlangsung Sukses

Rekomendasi model sepatu buat naik motor
Sepatu yang aman untuk mengendarai motor adalah yang modelnya menutupi mata kaki, karena mampu melindungi jari, tumit, bagian kaki lain, hingga pergelangan kaki sekaligus. Untuk naik motor bebek maupun sport, gunakanlah sepatu dengan hak, yang dapat menjaga grip di antara sepatu dan footstep.

Sumber : Suara.com

Artikulli paraprakPada Bulan Oktober 2021 Ini, Gempa Sering Terjadi
Artikulli tjetërDestinasi Makan Pertama di Indonesia Yang Ketinggian Nya 50 Meter