Beranda Daerah Inovasi Pemdes Nanggung Kembangkan Pertanian Hidroponik

Inovasi Pemdes Nanggung Kembangkan Pertanian Hidroponik

NANGGUNG – Sebagai salah satu upaya Pemerintah Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung guna meningkatkan ekonomi warga khususnya di sektor pertanian menggalakan kemandirian swasembada pangan dengan mengembangkan tanaman hidroponik.

Kepala Desa Nanggung Ahmad Sodik menyampaikan, upaya kedepannya pihaknya akan melakukan pengembangan tanaman hidroponik guna meningkatkan sektor pertanian yang berencana menggandeng tim ahli di bidang pertanian baik dari dinas terkait maupun dari beberapa perguruan tinggi.

Menurutnya, Inovasi pertanian hidroponik menjadi salah satu solusi supaya masyarakat tetap bisa menanam di lahan yang sempit dengan kebutuhan air yang sedikit.

Baca Juga :  Atlit Muda Asal Kabupaten Bogor : Fakhri Akbar Raih Dua Gelar Gemilang dalam Seri II WTA KU-16

“Kita juga akan melakukan sosial maping dengan melakukan presisi akurasi data tentang pemetaan potensi pertanian,” ungkap Ahmad Sodik kepada wartawan kemarin.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Emas telah membuat Green House di beberapa titik di Holtikulture.

“Ternyata setelah kita kembangkan itu Hidroponik, sehingga ke depan kita melakukan pengembangan sektor pertanian meskipun di wilayah yang minim sumber air,” ucapnya.

Baca Juga :  Fadillah Shalat Tarawih di Hari Ke-Emapat Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah : Jarang Diketahui Orang

Ia juga menyebut, untuk petani tanaman hidroponik untuk saat ini memang di dominasi oleh kaum milenial.

Saat ini hasil panen memang baru sebatas dikonsumsi sendiri. Meski demikian, hasil panen tanaman hidroponik tetap mengurangi pengeluaran keluarga karena mereka tidak perlu lagi membeli sayuran untuk dikonsumsi.

“Untuk tanaman Hidroponik kita lebih memanfaatkan green house, selain untuk melakukan penghijauan juga untuk meningkatkan ketahanan pangan dan juga menambah ekonomi warga,” pungkasnya. (Fahri)

Artikulli paraprakCakupan Vaksinasi Covid-19 Wilayah Jonggol Melesat di Angka 40%
Artikulli tjetërUlang Tahun Anak Ke-2, Ayah Ini Membelikan Hadiah Mobil Mewah Seharga 1 M