Beranda Daerah Antusias Warga Cibungbulang Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanami Sayuran

Antusias Warga Cibungbulang Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanami Sayuran

CIBUNGBULANG – Melalui Program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, warga di beberapa desa di Kecamatan Cibungbulang antusias menanam sayuran dengan memanfaatkan areal pekarangan rumah.

Seperti diungkapkan Satgas Lingkungan Hidup Kecamatan Cibungbulang Dian Handayani mengatakan, bahwa dengan memanfaatkan area pekarangan rumah warga dapat menanam berbagai macam sayuran.

“Jika rumah warganya tidak ada pekarangan rumah tinggal menggunakan polybex atau menggunakan bahan bekas seperti botol bekas atau ember bekas bisa juga dari hidroponik,” ungkap Dian Handayani kepada wartawan pada, Rabu (15/09/2021).

Dian Handayani menyampaikan, bahwa pihaknya juga memberikan edukasi kepada warga tentang cara bercocok tanam yang memanfaatkan area pekarangan rumah.

Baca Juga :  Menu Buka Puasa Paporit: Lezat dan Praktis Salah Satunya Kolak Pisang

“Kebetulan yang ikut Bogor Kabupatenku Green and Clean (BKGC) di wilayah Kecamatan Cibungbulang ada 5 Desa diantaranya Desa Situhilir terdapat dua KRL di dua RW kemudian di Desa Cemplang, Cimanggu 2 dan Desa Galuga,” ucapnya.

Selain menanam sayuran seperti, cabai, bawang dan tomat Dian mengatakan, pihalnya juga memfocuskan kepada warga untuk menanam tanaman obat obatan seperti jahe merah.

“Untuk hasil tanaman yang di tanam warga itu sebagian ada yang dijual ke warga sekitar dan sebagian hasilnya juga bisa untuk dikonsumsi sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :  Menu Buka Puasa yang Lezat dan Bergizi: Simak Ulasannya

Selain itu, dirinya menyebut, pihaknya bekerjasama dengan Kelompok Wanita Petani (KWP) yang didalamnya lebih didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga.

“Jadi daripada ngegosip, lebih baik diisi dengan kegiatan positif seperti kegiatan menanam sayuran seperti itu,” bebernya.

Dian Handayani menyampaikan, antusias dari warga untuk menanam itu sangat baik, karena selain bisa untuk konsumsi sendiri juga bisa meningkatkan ekonomi warga itu sendiri dan bisa mengurangi pengeluaran belanja.

“Saya berharap di setiap Desa di Kecamatan Cibungbulang Khususnya memiliki Kampung Ramah Lingkungan (KRL), karena kita tidak bisa berdiri sendiri, butuh juga dorongan dari kepala desa,” harapnya. (Fahri)

Artikulli paraprakLGBT Bakal Dibatasi Pihak Youtube Dalam Iklan Anak-Anak
Artikulli tjetërWarga Desa Nanggung Antusias Disuntik Vaksin