25.7 C
Bogor
Selasa, 7 Desember 2021

Puluhan Warga Desa Barengkok Lakukan Upacara Peringati HUT RI ke 76

Berita Populer

- Advertisement -

LEUWILIANG – Puluhan warga dari berbagai usia tampak serius mengikuti rangkaian prosesi pengibaran sangsaka merah putih lambang Negara Indonesia dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 berlangsung Kampung Barengkok I, Desa Barengkok, Kecamatan Leuwiliang melaksanakan upacara pengibaran bendera di Lapangan Sansiro pada Selasa, (17/8/2021).

Layaknya upacara pengibaran bendera pada umumnya, sebagian warga dipercaya sebagai petugas seperti inspektur dan komandan upacara, pembaca teks pancasila dan pembukaan UUD 1945 dan sebagian lainnya sebagai peserta.

“Mulai dari anak-anak hingga lansia mengikuti upacara yang pertama kali dilakukan warga di Barengkok ini,” ujar Ketua RT 01/01 Ahmad Rifai sai menggelar upacara tersebut.

Baca Juga :  Viral Pungli, Anggota Dishub Gadungan Ditangkap Polisi di Leuwiliang Bogor
- Advertisement -

Menurut Rifai, untuk pakaian peserta upacara disesuaikan dengan umur dan tingkat pendidikan. Seperti siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) menggunakan hijau putih, siswa SMA putih abu dan untuk mahasiswa menggunakan almamaternya masing-masing. Meskipun ada juga yang menggunakan pakaian adat kebaya.

Sedangkan untuk warga dewasa hingga lansia ada yang menggunakan batik, baju muslim dan baju pramuka.

Baca Juga :  Gunung Semeru Erupsi dan Muntahkan Awan Panas

“Untuk pelaksanaan, kami minta peserta menjaga jarak dan juga memakai masker,” tutur Rifai.

- Advertisement -

Sementara itu, Sekretaris Karang Taruna Barengkok Iim Ibrahim menuturkan, apa yang dilakukan warga Barengkok ini merupakan wujud kecintaan kepada Tanah Air sebagai tempat kelahiran warga asli Indonesia.

Dengan melibatkan semua kalangan, upacara ini juga bertujuan mengedukasi warga yang selama ini mungkin lupa bagaimana proses pengibaran bendera merah putih.

“Dan syukur masyarakat ternyata antusias, ini menjadi contoh bagaimana tahun-tahun berikutnya rutin dilaksanakan,” pungkasnya. (Fahri)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
light rain
25.7 ° C
25.8 °
25.2 °
90 %
1.4kmh
78 %
Sel
25 °
Rab
28 °
Kam
29 °
Jum
30 °
Sab
31 °

Berita terbaru

Gerakan Sosial BEM STKIP, Berbagi Beras Ke Ponpes dan Panti Asuhan

Bogor, Publikbicara.com - BEM STKIP Muhammadiyah Bogor lakukan aksi sosial dengan membagokam beras ke pondok pesantren dan panti...

Berita Terkait
publikbicara.com