25.7 C
Bogor
Selasa, 7 Desember 2021

9 Makanan Yang Beri Energi Sepanjang Hari

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA ‐‐ Agar tubuh tetap berenergi sepanjang hari, Anda memerlukan asupan pangan yang tepat. Terdapat sejumlah makanan yang mampu berikan energi sepanjang hari.

Makanan berenergi ini bisa didapat dari sumber protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini juga dapat dikombinasikan satu sama lain.

Berikut 9 makanan yang mampu berikan energi sepanjang hari.

- Advertisement -

1.Telur
Telur kaya akan protein berkualitas tinggi. Protein akan membantu tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Konsumsi telur secara utuh baik bagian putih maupun kuning telur.

“Bagian kuning adalah bagian paling banyak vitamin dan mineral ditemukan,” kata ahli diet dan nutrisi Maggie Michalczy, dikutip dari Livestrong.

2.Greek yogurt
Tak hanya baik untuk pencernaan, yogurt juga akan memberikan energi buat tubuh sepanjang hari.

- Advertisement -

Dalam 128 gram Greek yogurt mengandung 9 gram karbohidrat, 23 gram protein yang akan menghasilkan 166 kalori. Sebaiknya, pilih yogurt tawar tanpa tambahan gula. Berikan rasa manis lewat potongan buah atau taburan granola.

3.Ubi
Sumber energi tidak hanya ada pada nasi. Ubi pun bisa Anda jadikan sumber energi yang baik. Melansir dari Healthline, dalam 100 gram ubi mengandung 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25 persen kebutuhan mangan dan 564 persen kebutuhan vitamin A.

Energi yang diberikan ubi pun bakal lebih awet sebab mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Tubuh akan mencernanya perlahan sehingga tak perlu khawatir akan rasa kantuk atau lemas.

Baca Juga :  Pekerja AC Tewas Terjatuh, Ini Kata Humas RS KBP
- Advertisement -

4.Alpukat
Lemak bukan musuh jika Anda memilih jenis lemak sehat dan sumber yang tepat. Pada alpukat, 84 persen kandungan lemaknya adalah lemak sehat yang terdiri dari asam lemak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

Lemak sehat mampu mengoptimalkan kadar lemak dalam darah dan mendorong penyerapan nutrisi. Lemak sehat pun bisa disimpan tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

5.Selai kacang
Dari jam makan siang menuju makan malam terasa sangat lama. Anda memerlukan camilan agar tubuh tetap berenergi hingga jam kerja usai. Siapkan saja roti gandum dengan olesan selai kacang.
Mengutip dari Eating Well, kacang merupakan sumber magnesium dan fosfor, dua zat gizi yang penting untuk produksi energi. Kemudian, terdapat kandungan niasin atau vitamin B3 yang membantu mengubah asupan makanan menjadi energi. Perpaduan kacang dengan jenis pangan yang memilikikandungan karbohidrat kompleks akan memberikan pasokan energi yang berkesinambungan untuk tubuh.

6.Apel
Apel berukuran sedang (sekitar 100 gram) mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula dan 2,1 gram serat. Kandungan gula alami dan serat inilah yang memungkinkan apel melepaskan energi perlahan dan berkesinambungan.

Berkat kandungan antioksidan dalam apel, pemecahan karbohidrat bakal berlangsung secara perlahan. Anda pun bisa tetap berenergi dalam waktu lebih lama.

Baca Juga :  Antisipasi Reuni 212, Jajaran Polsek Leuwiliang Gelar Operasi Gabungan

7.Pisang
Tak ada apel, pisang pun jadi. Studi pada 2012 yang diterbitkan di PLOS One menemukan konsumsi pisang sebelum atau selama berolahraga merupakan asupan yang baik dan mendukung performa.

“Pisang mungkin salah satu buah berenergi terbaik. Pisang mengandung campuran karbohidrat kompleks, potassium, dan vitamin B6, yang mana dapat meningkatkan energi,” kata ahli gizi Melissa Mitri.

8.Tahu
Tahu kerap dipandang sebelah mata sebab harganya yang jauh lebih miring dibanding ayam atau sumber protein lain. Namun, makanan satu ini justru bisa Anda andalkan untuk memberikan tubuh pasokan energi.

Sekitar 128 gram tahu yang padat mengandung 37 persen kebutuhan zat besi harian. Tubuh yang kekurangan zat besi akan lemas dan bisa jadi salah satu tanda anemia.

9.Sayuran hijau
Lengkapi diet harian dengan sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kale, brokoli, kacang panjang akan memasok energi yang besar buat tubuh.

Sayuran hijau merupakan sumber nitrat yakni substansi yang akan diubah tubuh jadi oksida nitrat. Oksida nitrat kemudian membuka pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat dan fungsi otot jadi lebih baik.

5 Makanan Minuman yang Bantu Anda Lebih Fokus

Itulah 9 makanan yang mampu berikan energi sepanjang hari.

Sumber:Cnn Indonesia

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
light rain
25.7 ° C
25.8 °
25.2 °
90 %
1.4kmh
78 %
Sel
25 °
Rab
28 °
Kam
29 °
Jum
30 °
Sab
31 °

Berita terbaru

Gerakan Sosial BEM STKIP, Berbagi Beras Ke Ponpes dan Panti Asuhan

Bogor, Publikbicara.com - BEM STKIP Muhammadiyah Bogor lakukan aksi sosial dengan membagokam beras ke pondok pesantren dan panti...

Berita Terkait
publikbicara.com