Beranda Nasional Jamur Hitam Pasca Covid-19, Ini Gejalanya

Jamur Hitam Pasca Covid-19, Ini Gejalanya

JAKARTA ‐‐ Infeksi Mucormycosis atau dikenal juga sebagai ‘jamur hitam’ menyerang banyak pasien covid-19 di India. Ada beberapa gejala jamur hitam pasca covid yang biasanya ditemui.

Jamur hitam atau Mucormycosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh fungi (jamur) yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar. Sementara itu, CDC mengatakan, setiap orang bersentuhan dengan spora jamur yang bisa menyebabkan Mucormycosis setiap harinya.

Mucormycosis termasuk jamur yang sangat berbahaya karena bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke paru-paru atau otak. Ini dapat menyebabkan infeksi otak, kelumpuhan, radang paru-paru, kejang, kebutaan, sampai kematian.

Baca Juga :  Melintasi Air Mata Kepala Desa: Kisah Emosional di Balik Penetapan UU Desa Baru

Dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, jamur hitam Mucormycosis ini juga disebut penyebab penyakit maxillary osteomyelitis atau kelainan pada tulang wajah rahang atas.

Gejala jamur hitam pasca covid ini dapat berbeda pada orang-orang, bergantung di mana jamur itu tumbuh. CDC mencatat ada lima jenis infeksi jamur hitam pada tubuh dan memiliki gejala berbeda-beda.

Pertama infeksi yang terjadi di bagian dalam kepala. Jika tumbuh di sinus dan kepala biasanya gejala yang timbul seperti wajah membengkak pada satu sisi, sakit kepala, hidung atau sinus tersumbat, ada lesi hitam di batang hidung atau mulut, demam.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Belum Putuskan Akan Maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Barat

Kedua, Mucormycosis pada paru-paru. Gejalanya meliputi batuk, nyeri dada, dan sesak napas. Ketiga, Mucormycosis yang tumbuh di kulit sehingga menyebabkan gejala lecet seperti bisul, dan area yang terinfeksi menghitam.

Mengutip CDC, gejala jamur hitam pasca covid pada kulit bisa terlihat seperti lecet atau bisul. Pada area yang terinfeksi bisa berubah menjadi hitam. Gejala lain termasuk rasa sakit, kehangatan, kemerahan yang berlebihan, atau pembengkakan di sekitar luka.

Sedangkan gejala jamur hitam pasca covid pada gastrointestinal meliputi sakit perut, mual dan muntah, sampai perdarahan gastrointestinal.

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakMakan Mie Instan Saat Diet?Begini Caranya
Artikulli tjetërSelama PPKM, Kini Naik Pesawat Tidak Boleh Bawa Anak Kecil