32.6 C
Bogor
Sabtu, 18 September 2021

Jamur Hitam Pasca Covid-19, Ini Gejalanya

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA ‐‐ Infeksi Mucormycosis atau dikenal juga sebagai ‘jamur hitam’ menyerang banyak pasien covid-19 di India. Ada beberapa gejala jamur hitam pasca covid yang biasanya ditemui.

Jamur hitam atau Mucormycosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh fungi (jamur) yang biasa ditemukan di lingkungan sekitar. Sementara itu, CDC mengatakan, setiap orang bersentuhan dengan spora jamur yang bisa menyebabkan Mucormycosis setiap harinya.

Mucormycosis termasuk jamur yang sangat berbahaya karena bisa menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke paru-paru atau otak. Ini dapat menyebabkan infeksi otak, kelumpuhan, radang paru-paru, kejang, kebutaan, sampai kematian.

Baca Juga :  Waspada, Hari Ini Bogor Diprediksi Akan Hujan
- Advertisement -

Dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, jamur hitam Mucormycosis ini juga disebut penyebab penyakit maxillary osteomyelitis atau kelainan pada tulang wajah rahang atas.

Gejala jamur hitam pasca covid ini dapat berbeda pada orang-orang, bergantung di mana jamur itu tumbuh. CDC mencatat ada lima jenis infeksi jamur hitam pada tubuh dan memiliki gejala berbeda-beda.

Baca Juga :  Rafathar Minta Dibeliin Mobil Yang Mirip F1, Rafi Ahmad Ketakutan?

Pertama infeksi yang terjadi di bagian dalam kepala. Jika tumbuh di sinus dan kepala biasanya gejala yang timbul seperti wajah membengkak pada satu sisi, sakit kepala, hidung atau sinus tersumbat, ada lesi hitam di batang hidung atau mulut, demam.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Berkurang 27 Orang Jadi 532
- Advertisement -

Kedua, Mucormycosis pada paru-paru. Gejalanya meliputi batuk, nyeri dada, dan sesak napas. Ketiga, Mucormycosis yang tumbuh di kulit sehingga menyebabkan gejala lecet seperti bisul, dan area yang terinfeksi menghitam.

Mengutip CDC, gejala jamur hitam pasca covid pada kulit bisa terlihat seperti lecet atau bisul. Pada area yang terinfeksi bisa berubah menjadi hitam. Gejala lain termasuk rasa sakit, kehangatan, kemerahan yang berlebihan, atau pembengkakan di sekitar luka.

Sedangkan gejala jamur hitam pasca covid pada gastrointestinal meliputi sakit perut, mual dan muntah, sampai perdarahan gastrointestinal.

- Advertisement -

Sumber : Cnn Indonesia

- Advertisement -
Bogor
scattered clouds
32.6 ° C
32.6 °
31.5 °
52 %
2kmh
49 %
Sab
33 °
Ming
31 °
Sen
30 °
Sel
31 °
Rab
31 °

Berita terbaru

Mad Ajis : Mari Kita Buktikan Statement Cinta Bogor

BOGOR - Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Banten Dewan pimpinan cabang (DPC) Kota Bogor, keberadaanya kini telah resmi dan...

Berita Terkait
publikbicara.com