Beranda Daerah Camat Cigudeg Minta Program Samisade, Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Camat Cigudeg Minta Program Samisade, Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat

CIGUDEG – Secara simbolis Camat Cigudeg bersama kepala desa melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan TPT di Kampung Sirangap Desa Bunar Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. (13/7/21).

Kegiatan tersebut mengawali dengan launching program Samisade (satu miliar satu desa) di wilayah Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan untuk tahap pertama pembangunan TPT.

Camat Cigudeg Pardi mengatakan, bahwa pihak Pemerintah Kecamatan memastikan ada nya pembangunan TPT didesa Bunar yang menggunakan anggaran Samisade ini sesuai aturan.

“Secara simbolis kami dari pihak Kecamatan melakukan peletakan batu pertama pada pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di kampung Siranggap bersama Kepala Desa, perangkat desa dan masyarakat,”ujarnya kepada wartawan.

Pardi juga menjelaskan, dari 14 desa di wilayahnya mengawali pembangunan pertama program Samisade baru terealisasi di Desa Bunar. Anggaran Samisade yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor, merupakan program Bupati Bogor, agar pemanfaatan pembangunannya harus tepat sasaran.

Baca Juga :  Bandara Sam Ratulangi Tutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Ruang

Kami harap program yang digelontorkan Pemkab Bogor melalui program samisade tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam mendorong perekonomian berbasis masyarakat di desa nya.

“Apalagi di masa pademi Covid-19 ini, para kepala desa bisa melibatkan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan diwilayah nya untuk membantu perekonomian masyarakat,”terangnya.

Terpisah Kepala Desa Bunar Jajat Sudarjat mengatakan, pembangunan Tebing Penahan Tanah (TPT) ini mengawali program samisade yang telah direalisasikan oleh Pemkab Bogor untuk membangun insfratruktur desa.

“Ini titik lokasi untuk mengawali pembangunan program samisade dengan peletakan batu pertama dilakukan di Desa Bunar,”kata Jajat

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

Sambung Jajat menambakan, ada beberapa titik pembangunan yang akan dilakukan melalui anggaran program samisade. Diantaranya pembangunan Jalan hotmix di kampung Siranggap dan pembangunan jalan betonisasi di kampung lawang Lawang Taji.

“Pembangunan samisade ini sengaja pemerintah desa untuk melibatkan masyarakat agar manfaat program samisade ini dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar,”tuturnya.

Sekedar informasai Jajat menyampaikan, bahwa pagu anggaran Samisade yang digelontorkan Pemkab melalui APBD Kabupaten Bogor untuk Desa Bunar sebesar 780 Juta untuk pembangunan TPT, Hotmix dan betonisasi, dengan sistem pencairan tahap pertama 40 persen.

“Mudah mudahan program bantuan bupati ini diharapkan memiliki nilai manfaat yang besar dan dapat mendongkrak ekonomi, bagi masyarakat desa disaat pandemi covid -19 ini, ” tukasnya.

(Agus Komeng).

Artikulli paraprakDewan: Pemkab Bogor Segera Ambil Sikap Atas Kekurangan Nakes
Artikulli tjetërDewan Minta Pemkab Pantau Penyaluran 2.500 Paket Sembako Agar Tepat Sasaran