Beranda Kesehatan Manfaat Air Kelapa Muda Buat Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda Buat Kesehatan

JAKARTA ‐‐ Air kelapa sempat naik daun berkat kabar yang menyebutkan bahwa minuman satu ini bisa menyembuhkan Covid-19. Namun dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah, Juwalita Surapsari mengatakan hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa berfungsi sebagai obat.

Menurut dia, jika pasien merasa lebih baik, hal ini bersifat subjektif. Anda perlu melihatnya secara menyeluruh sebab pasien kemungkinan juga menjalankan terapi yang dianjurkan.

“Tidak selalu pengobatan itu bersifat spesifik terhadap Covid-19, tetapi mungkin diberikan juga obat-obatan yang sifatnya suportif oleh dokter. Kemudian yang kedua, mereka sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung penyembuhan,” kata Juwalita yang akrab disapa Lita melalui pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (12/7).

Meski demikian, bukan berarti air kelapa tidak memberikan manfaat. Berikut manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

1.Mendukung sistem imun
Air kelapa muda mengandung aneka nutrisi penting yang mendukung sistem imun. Lita membagi kandungan nutrisi air kelapa muda menjadi dua yakni, micronutrient dan macronutrient.

Macronutrient terdiri dari, sebagian besar karbohidrat (5 persen) dalam bentuk glukosa dan fruktosa, kemudian protein (0,02 persen) dan sedikit lemak. Sedangkan micronutrient terdiri dari, vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B7 dan B9). Vitamin B6 atau folat sangat berperan dalam sistem imun keseluruhan.

Baca Juga :  Begini Penampakan RESES Anggota DPRD Daerah Wilayah V Masa Sidang II Tahun 2023-2024 di Kecamatan Cigudeg

“Sistem imunitas kita ini kan sebetulnya sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernafasan, bulu-bulu getar di saluran pernafasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit. Jika melihat perannya, Vitamin B6 ini perannya besar sekali di dalam sistem imun. Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B mereka,” paparnya.

2.Kontrol tekanan darah
Lita mengatakan air kelapa muda memiliki kadar elektrolit cukup tinggi berkat kandungan kalium dan magnesium. Keduanya baik untuk mengontrol tekanan darah sehingga bisa menyehatkan jantung. Jika dikaitkan dengan Covid-19, air kelapa membantu mencegah penyakit komorbid yang memperparah infeksi.

3.Menambah energi
Sebanyak 94 persen air kelapa muda memang berupa air. Namun air ini mampu memberikan energi buat tubuh karena kandungan karbohidratnya.

Kandungan karbohidrat air kelapa lebih banyak berupa fruktosa (gula buah) dan rendah glukosa. Fruktosa tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah sebab tidak memerlukan insulin untuk masuk ke sel tubuh.

“Kandungan gula pada kelapa lebih tinggi fruktosanya, dia gula alami yang tidak membutuhkan insulin untuk masuk dalam sel,” kata dokter spesialis gizi klinis Samuel Oetoro saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Pelatih Sun Hong Ungkap Kesiapan Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23 Timnas Garuda Muda

4.Menyehatkan pencernaan
Minum air kelapa terasa kurang tanpa menambahkan potongan daging kelapa. Teksturnya yang lembut dan nyaris seperti puding bisa sekaligus jadi pengganjal perut. Dokter spesialis gizi klinis Luciana B Sutanto mengatakan kelapa juga mengandung serat.

Serat bermanfaat untuk memelihara sistem pencernaan. Namun, kata dia, peroleh serat paling banyak terdapat pada kelapa tua.

“Kalau untuk serat, tiap kelapa sama-sama punya kandungan serat yang tinggi. Tapi, kelapa tua punya lebih banyak serat daripada kelapa muda,” imbuhnya.

5.Menjaga sistem metabolisme
Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan akan membantu menjaga sistem metabolisme tubuh. Ahli gizi FKUI Saptawati Bardosono mengungkapkan peran antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin C pada air kelapa.

6.Jaga hidrasi tubuh
Saptawati berkata konsumsi air kelapa tidak menetralkan efek vaksin. Keduanya punya kinerja berbeda.

“Air kelapa banyak kandungan elektrolit untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh,” kata Saptawati saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Dia justru menyarankan untuk minum air kelapa untuk menjaga hidrasi tubuh.

7.Minuman alternatif yang rendah kalori
Aneka minuman kemasan di pasaran menawarkan kesegaran dan manfaat. Namun Anda tidak boleh luput pada kenyataan bahwa minuman-minuman kemasan ini tinggi gula dan kalori. Air kelapa memberikan alternatif minuman yang rendah kalori dan kandungan gula buah alami (fruktosa).

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakWaspada! Pasar Leuwiliang Rawan Copet, Ibu Rumah Tangga Jadi Korbannya
Artikulli tjetërMessi Tak Layak Dapat Ballon d’0r 2021