23.3 C
Bogor
Sabtu, 18 September 2021

Pakai Face Shield Harus Dengan Masker, Alasanya !

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA — Penggunaan masker – masker double- saat ini – sangat disarankan untuk menghindari penularan virus corona. Dalam peraturan PPKM darurat saat ini, warga juga diimbau untuk memakai masker dua lapis dan tidak diizinkan hanya memakai face shield saja tanpa masker. Namun sayangnya masih banyak orang yang tak memakai masker dan menggantinya dengan face shield atau goggles saja.

Penggunaan face shield tanpa masker tidak dibenarkan. Meski sudah memakai face shield tetap harus memakai masker. Apa sebenarnya alasannya? bukankah sama-sama menutup semua bagian wajah termasuk hidung dan mulut?

Nafiandi, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara menjelaskan bahwa dengan memakai masker saja masih ada kemungkinan tertular Covid-19. Hal ini disebabkan karena karena kemampuan masker tidak 100 persen memfiltrasi partikel virus.

Baca Juga :  Syarat Warga Bisa Peroleh Vaksin Moderna dan Pfizer
- Advertisement -

Bagaimana dengan face shield? Face shield atau kaca mata juga masih memiliki celah atau rongga untuk virus masuk ke area mata.

Baca Juga :  Polres Bogor Perpanjang Ganjil Genap di Puncak Bogor

“Perlu ditekankan bahwa face shield memiliki gap atau celah yang lebar sehingga tidak mampu memproteksi dari transmisi droplet maupun aerosol. Demikian pula dengan goggles yang hanya diperuntukkan untuk melindungi area mata buat pemakainya namun tidak efektif memproteksi area mulut dan hidung dari droplet.”

“CDC tidak merekomendasikan penggunaan face shield maupun goggles sebagai pengganti masker. Face shield dirancang untuk melindungi mata dari percikan cairan biologis (partikel dari sekresi respirasi), agen kimia, serta debu,” ungkapnya dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com.

Baca Juga :  Prancis Klaim Negaranya Berhasil Bunuh Salah Satu Pemimpin ISIS
- Advertisement -

Oleh karena itu, cara penggunaan masker pun tak boleh asal. Masker harus digunakan dengan benar agar bisa memfiltrasi partikel virus dengan maksimal.

“Seseorang sangat riskan terpapar Covid-19 jika jenis masker yang digunakan salah, cara memakai dan membuka masker salah, sering memegang masker waktu dipakai terutama bagian depan, serta tidak menjaga jarak karena tetap berisiko terinfeksi walaupun sudah memakai masker,” kata Nafiandi.

Sumber : Cnn Indonesia

- Advertisement -
Bogor
broken clouds
23.3 ° C
23.3 °
23.3 °
88 %
1.7kmh
59 %
Sab
33 °
Ming
31 °
Sen
30 °
Sel
31 °
Rab
31 °

Berita terbaru

Mad Ajis : Mari Kita Buktikan Statement Cinta Bogor

BOGOR - Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Banten Dewan pimpinan cabang (DPC) Kota Bogor, keberadaanya kini telah resmi dan...

Berita Terkait
publikbicara.com