Beranda Hukum Terungkap, Anji Beli Ganja Dari Situs AS

Terungkap, Anji Beli Ganja Dari Situs AS

JAKARTA – Terungkap dari mana Anji memperoleh ganja yang menjeratnya ke dalam kasus hukum. Ganja tersebut dibeli dari sebuah situs khusus di Amerika Serikat.

Anji membeli ganja tersebut yang dipasarkan dengan ragam harga. Berkisar dari USD 250 hingga USD 300 atau Rp 3,6 juta hingga Rp 4 jutaan.

“Dari situs yang ada di luar yaitu megamarijuanastore.com, di mana untuk mengakses situs itu harus memiliki ID, nah ID itu dimiliki seseorang yang masih DPO,” ujar menurut Kombes Pol Ady Wibowo dalam pernyataan yang ia berikan.

Soal ganja yang dipesan Anji berasal dari Amerika, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga DJBC Kemenkeu, Syarif Hidayat, mengatakan Bea Cukai tidak bisa mengontrol setiap barang yang masuk ke Indonesia secara detail. Apalagi barang yang datang dari luar negeri tiap tahunnya semakin besar volumenya.

“Kita harus lihat dulu dari 3-4 tahun terakhir, bahwa saat ini kita sudah hidup di era internet, di era website perdagangan juga termasuk satu sisi yang berubah sedemikian drastis,” ujar Syarif Hidayat saat ditemui di kantornya, kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga :  Unik dan Kreatif: Potret Tulisan Nyeleneh Pemudik Sepeda Motor Saat Mudik

“Bahwa kita dapat sampaikan soal barang kiriman saja ya, e-commerce di Indonesia di tahun 2017 itu hanya 6,1 juta paket yang diperdagangkan melalui internet. Di tahun 2018 meningkat hampir 20 juta paket, 2019 mencapai 58 juta paket. Di tahun 2020 datanya lebih tinggi dari ini,” lanjutnya.

“Data ini menunjukkan perkembangan terakhir, perdagangan itu naik, bergeser ke arah e-commerce. Nah kesulitan ini bahwa e-commerce kan pedagangnya bisa jadi ada di mana-mana termasuk luar negeri, kita nggak bisa mem-verifikasi secara langsung pedagang tersebut. Keberadaan mereka betul-betul berada di dalam dunia maya,” sambungnya.

Anji sendiri mengkonsumsi ganja sudah 9 bulan. Kepada polisi, ia mengaku kerap mengkonsumsi ganja tersebut di studio miliknya.

“Iya yang bersangkutan makai di situ (studio musiknya), kemudian ada di beberapa tempat yang menurut dia aman. Mungkin di Bandung juga makai,” papar Ady Wibowo.

Baca Juga :  Reformasi Kesehatan 2025: Segini Harga Iyuran Sistem BPJS Kesehatan

Tak sekadar mengkonsumsi, Anji juga mempelajari ganja secara mendalam. Temuan buku tentang ganja juga diperoleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di TKP kedua setelah studio Anji di wilayah Cibubur, Jakarta Timur.

Buku tersebut yang juga dijadikan barang bukti polisi itu berjudul Hikayat Pohon Ganja.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti di studio di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Misalnya seperti 2 buah ponsel dan sebuah benda mirip speaker bertuliskan ‘Dynamite’.

Selain itu, ditemukan pula lintingan ganja yang dimasukkan ke dalam plastik transparan. Salah satu plastik ditempel tulisan ‘Banana Kush’ yang berisi 1 lintingan.

Kemudian, plastik lain ditempel dengan tulisan ‘Choco Haze’. Terlihat ada 7 lintingan di dalamnya.

Anji sudah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus narkoba pada Selasa (15/6/2021). Sebelumnya Anji dibekuk petugas di studio musiknya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Sumber :Detik

Artikulli paraprakDe Bruyne Main Dengan Wajah Mati Rasa
Artikulli tjetërJejaki Wisata Alam Hits Telaga Batu di Bogor