Faktor Sampah dan Bangunan Liar Diduga Picu Rusaknya Saluran Irigasi

Berita Populer

- Advertisement -

DRAMAGA –Sering terjadinya banjir dan rusaknya saluran irigasi Kepala UPT Pengairan Wilayah V Leuwiliang mengatakan karena ada 2 faktor, faktor sampah dan banyaknya bangunan liar yang berada di atas lahan saluran irigasi.

“Ada dua faktor yang sering menyebabkan banjir dan saluran irigasi itu rusak, tumpukan sampah akibat ulah oknum yang tidak bertanggungjawab, kedua sama oknum yang sembarangan membuat pondasi bangunan di atas saluran irigasi yang terjadi penyempitan hingga terjadi banjir dan air meluap ke jalan,”kata Rudi.

Baca Juga :  Hilang Terseret Arus Sungai Di Swiss, Anak Ridwan Kamil Masih Dalam Proses Pencarian

Rudi mengatakan pihaknya terus berupaya untuk melakukan pencegahan dan mencari solusi agar tidak terjadi banjir.

- Advertisement -

Untuk di aliran sungai pihaknya akan memasang jaring besi di setiap jembatan untuk menahan sampah yang kerap menumpuk ketika terjadi hujan deras.

Seperti Kejadian beberapa waktu lalu sungai Cibeurem Dramaga yang meluap hingga sampah masuk ke pemukiman warga bahkan masuk ke Rumah Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Baca Juga :  Viral! Mobil Ambulans Pembawa Jenazah Nekat Sebrangi Sungai Nyaris Tenggelam, Lantaran Tak Ada Akses Jembatan

“Untuk sementara kita hanya pembersihan aliran sampah di kali dari sisa sisa bekas kemarin banjir,”katanya.

- Advertisement -

Lebih lanjut pihaknya kata Rudi akan meningkatkan pengawasan terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke aliran sungai dan juga tidak membuat bangunan di atas saluran irigasi.

“Agar tidak terjadi penyempitan aliran irigasi yang menyebabkan banjir,”pungkasnya.

(Cep rendrabanji

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
broken clouds
25.3 ° C
25.3 °
25.3 °
86 %
1kmh
53 %
Sab
25 °
Ming
31 °
Sen
30 °
Sel
30 °
Rab
30 °

Berita terbaru

Kurikulum Merdeka Belum Semuanya Diterapkan di Sekolah Dasar di Leuwisadeng Bogor

Bogor, Publikbicara.com - Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai rangkaian...

Berita Terkait
publikbicara.com