Tahun ini Bendungan Cibongas Nanggung Diperbaiki

Berita Populer

- Advertisement -

NANGGUNG – Ambrol nya bendungan sungai cikaniki sejak setahun yang lalu hingga kini belum mendapat perbaikan padahal, keberadaan bendungan tersebut sangat membantu para petani di dua desa yakni Desa Hambaro dan Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung sebagai sumber pengairan.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman mengatakan, Bendungan yang di bangun sejak tahun 2002 ini mengalami kerusakan karena terjangan banjir bandang pada tahun 2020 lalu sehingga fungsi bendungan sebagai penyuplai air irigasi bagi dua desa tersebut menjadi terganggu.

“Akibat jebolnya bendungan primer, bendungan utama tersebut berdampak kepada sebanyak seratus delapan puluh lima hektar untuk sumber pengairan bagi Pesawahan yang dikelola oleh dua kelompok tanj yaitu kelompok tani sukamaju dan kelompok tani Cempaka yang sumber airnya ada di bendungan sungai Cikaniki,” kata Jani Nurjaman kepada awak media pada, Kamis (27/05/2021).

Baca Juga :  Terganggu Layanan Sinyal 5G, Ratusan Penerbangan AS Dibatalkan
- Advertisement -

Jani mengatakan, sampai dengan hari ini pihaknya sudah melakukan laporan dan sudah dilakukan pengecekan oleh pihak UPT Pengairan juga sudah beberapa kali PUPR juga sudah dilakukan pengecekan dan mungkin karena situasi pandemi dan anggaran tersebut dari APBD juga mungkin masih terbagi dan sampai dengan hari ini memang belum dilakukan perbaikan.

Baca Juga :  Mahasiswa Ubayah Meninggal Dunia di Gunung Pananggungan Usai Ikuti Kegiatan UKM
Lokasi Bendungan Cibongas, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggun yang ambrol akibat terjangan air bah (27/05/2021)
Lokasi Bendungan Cibongas, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggun yang ambrol akibat terjangan air bah (27/05/2021)

Jani menambahkan, pada saat musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Kecamatan, dirinya melihat di safari informasi kegiatan pembangunan tahun 2021 bendungan tersebut informasinya akan dilakukan pembangunan dan perbaikan.

“Harapan saya mudah-mudahan segera lah karena selama satu tahun setengah ini masyarakat tidak bisa menanam padi,” harap Jani.

- Advertisement -

Sementara, Kepala UPT Infrastruktur Irigasi Jasinga Handri Sukmawijaya menyampaikan, bahwa tahun 2020 pasca bencana pihaknya sudah melaporkan kepada dinas terkait.

“Nanti tim kita akan mengkroscek ke lokasi bendungan Cibongas,” tukasnya.

(Fahri/Andri)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
overcast clouds
26 ° C
26.1 °
24 °
86 %
1.2kmh
100 %
Rab
25 °
Kam
29 °
Jum
28 °
Sab
30 °
Ming
31 °

Berita terbaru

Dewan Dorong Peningkatan Sentra UMKM di Kabupaten Bogor

Bogor, Publikbicara.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor terus mendorong peningkatan sektor Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro...

Berita Terkait
publikbicara.com