Beranda News BI Catat Uang Beredar di Bulan April Capai Rp6.597, T

BI Catat Uang Beredar di Bulan April Capai Rp6.597, T

JAKARTA — Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas nasional atau uang beredar dalam arti luas (M2) mencapai Rp6.957,3 triliun pada April 2021. Jumlah uang beredar tumbuh 11,5 persen secara tahunan dari April 2020 atau tumbuh 6,9 persen secara bulanan pada Maret 2021.

“Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada April 2021 tumbuh meningkat sesuai pola musiman di bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri,” jelas Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Kamis (27/5).

Baca Juga :  Alasanya Diperintahkan Tuhan, Seorang Wanita Tembaki Orang-orang Usai Gerhana Matahari

Erwin mengatakan pertumbuhan terjadi pada seluruh komponen uang beredar sempit (M1), uang kuasi, dan surat berharga selain saham. Pertumbuhan M1 pada April 2021 sebesar 17,4 persen secara tahunan, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 10,8 persen.

Untuk uang kuasi, pertumbuhan pada April sebesar 9,7 persen, naik dari bulan sebelumnya, yakni 5,9 persen.

“Berdasarkan faktor yang mempengaruhi, akselerasi M2 pada April 2021 terutama dipengaruhi oleh peningkatan aktiva luar negeri bersih, peningkatan tagihan bersih kepada pemerintah pusat, serta perbaikan penyaluran kredit,” katanya.

Baca Juga :  Prajogo Pangestu: Kisah Inspiratif Penguasa Industri dari Kalimantan yang Mendukung IKN

BI mencatat pertumbuhan aktiva luar negeri bersih sebesar 10,7 persen secara tahunan atau meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Maret 2021, sebesar 7,9 persen.

Demikian pula pertumbuhan tagihan bersih kepada pemerintah pusat yang tercatat sebesar 45 persen secara tahunan. Secara bulanan, pertumbuhan dinyatakan sebesar 42 persen.

“Selain itu, kontraksi pertumbuhan kredit (pinjaman) membaik, tercatat sebesar minus 2,4 persen secara tahunan pada April 2021 yang tidak sedalam minus 3,7 persen pada Maret 2021,” tutup Erwin.

Sumber:Cnn indonesia

Artikulli paraprakFelicia Tissue Beri Pesan Untuk Presiden Lewat Akun Youtube
Artikulli tjetërDirektur DEEP Kritisi Terkait Adanya Dugaan Agen E-Warung Siluman di Pamijahan