Beranda News Telkomsel Mulai Ujicoba 5G di Beberapa Wilayah Indonesia

Telkomsel Mulai Ujicoba 5G di Beberapa Wilayah Indonesia

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan bahwa Telkomsel saat ini sedang melakukan proses Uji Layak Operasi (ULO) teknologi 5G.

Jika ULO berjalan mulus dan lulus, kata Johnny, Telkomsel pada tahap awal akan melakukan peluncuran 5G di Jakarta. Terdapat enam lokasi residensial yang berpeluang merasakan 5G Telkomsel.

“Peluncuran [5G] di Jakarta di 6 lokasi residensial yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera,” kata Johnny kepada Bisnis.com, Rabu (19/5/2021).

Adapun, untuk kota lainnya, kata Johnny, akan dilakukan di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan. Selanjutnya, akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya.

Baca Juga :  Komsos di Bulan Suci Ramadhan : Ini yang Disampaikan Babinsa Desa Pangaur

Mengenai ULO 5G Telkomsel, Johnny menjelaska sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk dipastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan untuk menggelar 5G, operator seluler di seluruh dunia pertama-tama harus melakukan uji coba. Telkomsel sudah melakukan uji coba sejak 2017. Salah satu uji coba komersial 5G yang dilakukan Telkomsel adalah implementasi kendaraan tanpa awak di Asian Games 2018.

Baca Juga :  Kantong Parkir Truk Tambang di Parungpanjang Sepi : Truk Tambang Lebih Banyak yang Berlalu Lalang

Setyanto mengatakan dengan rentetan hasil uji coba yang apik, Telkomsel percaya diri untuk meloncat ke tahap selanjutnya yaitu tahap komersial. Saat ini Telkomsel dalam tahap uji layak operasi (ULO), setelah sebelumnya menyelesaikan uji layak perangkat di Dirjen SDPPI Kemenkominfo, agar bisa menawarkan 5G secara komersial.

Setyanto mengatakan untuk bisa dinyatakan layak operasi tidak mudah. Terdapat serangkaian tes yang harus dilewati oleh Telkomsel.

“Telkomsel adalah operator seluler pertama yang melakukan ULO ke Kemenkominfo. Semoga dalam waktu dekat hasilnya segera keluar. Kami rutin menjalin komunikasi dengan Kemenkominfo,” kata Setyanto kepada Bisnis.com.

Sumber : Bisnis.com

Artikulli paraprakYayasan SMK Anak Bangsa Bantu Siswa Yang Terdampak Banjir
Artikulli tjetërWarga Kadaung Ngarep Bupati Buatkan TPT