Solusi Ruang Penyimpanan Ponsel Agar Tidak Penuh

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA – Permasalahan ruang penyimpanan ponsel sudah mencapai batas kerap membuat membingungkan untuk menghapus beberapa aplikasi tidak terlalu penting.  Sekarang saatnya membuat beberapa perubahan untuk mengosongkan penyimpanan ruang di Android.

Ada banyak cara untuk membereskan kekacauan di perangkat android anda, tetapi kami akan fokus pada tips dan trik yang paling berguna, lebih mudah, dan lebih nyaman untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Android.

Gunakan fitur Kelola Penyimpanan

- Advertisement -

Aplikasi Pengaturan stok memiliki bagiannya sendiri untuk membantu menjaga penyimpanan bebas dari file yang tidak perlu. Untuk memeriksanya, buka saja Pengaturan> Penyimpanan> Kelola Penyimpanan.

Ingatlah bahwa pabrikan sering mengubah Pengaturan. Kami membuat tutorial ini menggunakan perangkat Pixel. Proses untuk menemukan fitur ini mungkin berbeda dengan ponsel milik anda.

Setelah berada di halaman Kelola Penyimpanan, pengguna akan mendapatkan saran untuk menghapus file tertentu. Ini mungkin termasuk duplikat, tangkapan layar lama, foto yang telah dicadangkan, aplikasi yang tidak digunakan, file yang diunduh, dan banyak lagi. Cukup lihat rekomendasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan di Android.

- Advertisement -

Gunakan Android Smart Storage untuk mengosongkan ruang di Android

Fitur sekunder hebat yang mungkin bisa dimanfaatkan adalah Penyimpanan Cerdas. Ini juga ada di dalam bagian Penyimpanan di aplikasi Pengaturan. Setelah anda pergi ke Pengaturan> Penyimpanan, aktifkan Penyimpanan Cerdas.

Fitur ini akan membuat foto dan video lama otomatis terhapus jika sudah di-backup. Anda juga dapat memilih file yang akan dihapus setelah 30, 60, atau 90 hari. Untuk berjaga-jaga jika anda ingin memberi diri anda sedikit penyangga.

- Advertisement -

Hapus aplikasi yang tidak anda butuhkan

Ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin mengosongkan ruang penyimpanan di Android. Aplikasi dapat menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan. Apakah anda benar-benar membutuhkan game 2 GB yang sudah berbulan-bulan tidak dimainkan. Maka singkirkan semua yang tidak gunakan.

Hapus foto dan video

Foto dan video kemungkinan besar adalah penyimpanan besar berikutnya. Kosongkan ruang di Android dan hapus beberapa. Apakah semua kenangan gambar dan video itu layak untuk diingat, banyak yang mungkin tidak.

Beberapa dari anda mungkin sedikit terlalu bahagia dan memiliki banyak foto yang berulang juga. Kunjungi galeri anda dan lihat apa yang sebenarnya layak disimpan mungkin sudah memiliki banyak dari ini yang dicadangkan ke cloud, jadi mengapa menyimpannya di perangkat anda.

Gunakan kartu micro SD

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki slot kartu micro SD dan ada yang  tidak memiliki slot kartu micro SD. Jika anda memiliki, maka dapat menggunakan kartu micro SD dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai penyimpanan eksternal dan mentransfer file besar ke dalamnya. Namun, ada solusi lain yang disukai banyak dari anda.

Beberapa ponsel mendukung penyimpanan yang dapat diadopsi. Ini berarti perangkat dapat menggunakan kartu micro SD sebagai penyimpanan internal. Ini menjadi bagian dari ruang ponsel, sebagai kebalikan dari tambahan eksternal tempat anda dapat membuang file.

Ada beberapa kerugian yang perlu diingat dengan proses ini. Sebagai permulaan, kartu micro SD hanya akan berfungsi dengan telepon khusus itu. Anda juga tidak boleh mengeluarkan kartu setelah ditetapkan sebagai penyimpanan yang dapat diadopsi. Melakukannya akan memicu reset data pabrik. Selain itu, banyak kartu micro SD yang lambat. Dapatkan yang cepat yang dapat mengimbangi perangkat anda.

Berikut cara menggunakan ponsel untuk mengadopsi kartu micro SD sebagai ruang penyimpanan :

  1. Masukkan kartu micro SD di ponsel Android Anda.
  2. Buka aplikasi Pengaturan.
  3. Pilih Penyimpanan.
  4. Ketuk kartu SD yang Anda masukkan.
  5. Tekan tombol menu dan pilih Pengaturan penyimpanan.
  6. Pilih Format sebagai internal.
  7. Tekan Hapus dan format.
  8. Tekan OK.
  9. Migrasikan data Anda (atau pilih untuk melakukannya nanti).
  10. Selesai.

Memanfaatkan cloud untuk mengosongkan ruang di Android

Layanan cloud memiliki banyak hal yang ditawarkan, terutama bagi mereka yang terbatas di departemen penyimpanan. Banyak dari layanan ini gratis atau biayanya sangat murah. Misalnya, anda dapat menggunakan Foto Google untuk mengunggah semua gambar anda dalam kualitas tinggi secara gratis.

Ingatlah bahwa penyimpanan berkualitas tinggi tanpa batas akan berakhir pada Juni 2021. Selain itu, layanan seperti Google Drive dan Dropbox membuatnya sangat mudah untuk mencadangkan semua konten anda. Lihat opsi mana yang meyakinkan anda dan manfaatkan itu.

Mereka yang berjuang untuk menjaga ruang kosong di perangkat mereka mungkin juga memiliki koleksi musik yang luar biasa di sana. Jika anda memiliki pertunjukan musik, kami menyarankan anda untuk bermigrasi ke layanan online seperti YouTube Music atau Spotify.

Hapus hasil download anda

Jika anda sering melakukan download file maka sebaiknya cek folder download anda penuh dengan hal-hal yang tidak anda butuhkan. Di sini kami sering menemukan sekumpulan file yang mungkin anda perlukan berbulan-bulan yang lalu selama satu atau dua menit, tetapi tidak lagi relevan.

Lanjutkan dan gunakan pengelola file untuk menghapus file lama. Kebanyakan telepon sekarang dilengkapi dengan penghapusan otomatis.

Kosongkan cache untuk mengosongkan ruang di Android

Mengosongkan cache tidak selalu merupakan ide yang baik untuk mengosongkan ruang di Android. Ini adalah data yang sering kali dibutuhkan ponsel anda untuk beroperasi lebih cepat dan lebih efisien. Itu pasti bisa menumpuk, dan jika anda ingin membersihkan beberapa ruang dengan cepat, membersihkan cache adalah salah satu solusi cepat.

Cukup buka Pengaturan> Penyimpanan. Masuk ke aplikasi lain dan masuk ke setiap aplikasi yang ingin anda hapus cache. Akan ada opsi di sana untuk melakukannya.

Hapus area offline di Google Maps

Google Maps memudahkan navigasi di seluruh area anda tanpa menggunakan data. Peta dapat diunduh untuk penggunaan offline, tetapi ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Peta offline dapat memberikan pukulan besar pada ruang penyimpanan. Anda mungkin juga menggunakan banyak ruang di area offline.

Cukup buka Google Maps, ketuk gambar profil anda, dan akses opsi Peta Offline. Anda akan melihat daftar area yang telah anda unduh. Tekan tombol menu 3 titik ke kanan untuk melihat serangkaian opsi. Tekan Hapus untuk menyingkirkannya. Ini pasti akan membebaskan ruang di Android.

Lakukan reset data pabrik

Jika semuanya gagal, pilihan terbaik anda mungkin memulai yang baru dan melakukan reset data pabrik. Ini akan menghapus semua yang ada di telepon anda dan mengembalikannya ke keadaan saat pertama kali anda menghidupkan perangkat setidaknya dari segi perangkat lunak. Aplikasi, foto, video, file, dan konten anda lainnya akan hilang, jadi pastikan untuk mencadangkan apa pun yang anda anggap penting.

Kabar baiknya adalah semua file yang tidak perlu juga akan hilang, memberi anda kesempatan untuk mulai segar dan mengelola ruang penyimpanan anda dengan lebih baik.

 

Sumber : Selular

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
scattered clouds
29.4 ° C
29.7 °
28.5 °
66 %
0.6kmh
49 %
Jum
28 °
Sab
30 °
Ming
29 °
Sen
29 °
Sel
29 °

Berita terbaru

Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk Sampah di Jalan Raya Dramaga

DRAMAGA - Kecelakaan lalulintas terjadi di Jalan Raya Dramaga Kilometer 7, seorang pengendara motor tewas di lokasi kejadian usai...

Berita Terkait
publikbicara.com