Hukum Pakai Baju Baru Saat Lebaran

Berita Populer

- Advertisement -

BOGOR – Baju baru yang digunakan saat lebaran Hari Raya Idul Fitri nampaknya sudah menjadi tradisi, bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Memakai baju lebaran nampaknya menjadi satu keharusan bagi masyarakat yang merayakan hari kemenangan (Idul Fitri) tersebut.

Namun, ketahuilah hukum pakai baju baru saat lebaran

- Advertisement -

Ada yang beranggapan jika tak mengenakan baju baru saat Lebaran ada yang kurang.

Tetapi, apakah wajib hukumnya pakai baju baru saat Lebaran?

Dilansir dari Solopos.com -jaringan Suara.com, dijelaskan Nahdlatul Ulama atau NU di situs resminya, dalam sebuah hadis disebutkan Rasullulah SAW menganjurkan umat muslim untuk mengenakan pakai terbaiknya di Lebaran.

- Advertisement -

“Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan.” (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Selain hadis itu, ada pula hadis yang menceritakan sahabat Ibunu Umar RA soal hukum pakai baju baru di Lebaran.

“Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

- Advertisement -

Lebaran Dianjurkan Pakai Baju Baru

Dari beberapa hadis di atas, pakar fiqih Maliki Syekh Ahmad bin Ghunaim An-Nafawi hukum pakai baju baru saat Lebaran dianjurkan.

“Yang dimaksud dengan ‘baju baik’ (yang disunahkan) dalam hari raya adalah baju baru, meskipun berwarna hitam.” (Lihat Ahmad bin Ghunaim An-Nafawi, Al-Fawakihud Dawani).

Pakai baju baru saat Lebaran dipercaya mempunyai tiga hikmah. Pertama, sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Kedua untuk mengagungkan hari raya. Ketiga untuk mengagunkan malaikat yang hadir di sekeliling manusia pada hari raya.

Sumber: Suara bogor

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Peringati Dua Hari Besar Keagamaan, Menteri Johnny: Momentum Bersejarah dan Anugerah Persaudaraan

JAKARTA- Tanggal 13 Mei 2021 diperingati sebagai hari besar dua umat beragama di Indonesia. Pertama, hari raya Idul...

Berita Terkait
publikbicara.com