Pemdes Nanggung Gelar Sosialisasi SDGs Desa

Berita Populer

- Advertisement -

NANGGUNG – Pemerintah Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor selenggarakan Sosialisasi pelatihan SDGs (Sustainable Development Goals) dan pelatihan petugas pendataan bertempat di Gedung Madrasah Diniyah Darusalam pada, Senin (26/04/2021).

Kepala Desa Nangggung Ahmad Sodik dalam sambutannya mengharapkan, agar POKJA relawan pendataan benar benar serius mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri, sehingga dapat dipahami dan mampu diaplikasikan dilapangan sesuai dengan tugas yang diemban masing masing peserta dengan melakukan pendataan langsung kesemua rumah warga masyarakat yang ada di desanya agar data yang diperoleh sesuai harapan.

“Sehingga bagaimana kedepan perencanaan pembangunan ini benar-benar berkelanjutan,” ujarnya.

- Advertisement -

Dalam kata sambutanya selaku pemateri dari pendamping desa tingkat Kecamatan Nanggung Rudi menyampaikan, bahwa pengertian SDGs Desa merupakan tujuan pembangunan yang berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas pembangunan dana desa tahun 2021

Baca Juga :  Hendak Mancing Bersama Kucing Peliharaannya, Pria Ini Malah Temukan Mayat

”Pengembangan SDGs Desa sesuai dengan PP No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam hal ini SDGs Desa merupakan pembangunan total atas desa, yang aspek pembangunan harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa,” ujarnya.

SDGs memenuhi kebutuhan akan detil pembangunan yang lebih sesuai dengan kondisi riil dan diterjemahkan sampai level desa menjadi SDGs Desa. Karenanya mendata dari desa, dusun, keluarga dan individu adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro dengan maksud dan tujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Baca Juga :  Hilang Terseret Arus Sungai Di Swiss, Anak Ridwan Kamil Masih Dalam Proses Pencarian
- Advertisement -

”Diharapkan nantinya Tim Relawan Pendataan SDGs Desa dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Desa, Dusun, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan ” katanya.

SDGs Desa merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional. Agar SDGs Nasional bisa terwujud, kemudian diturunkan SDGs Nasional menjadi SDGs Desa. SDGs Desa diharapkan sebagai acuan untuk pembangunan desa.

(Fahri)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
light rain
28.3 ° C
29.1 °
28.3 °
65 %
2kmh
62 %
Sab
30 °
Ming
30 °
Sen
30 °
Sel
30 °
Rab
30 °

Berita terbaru

Kurikulum Merdeka Belum Semuanya Diterapkan di Sekolah Dasar di Leuwisadeng Bogor

Bogor, Publikbicara.com - Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka sebagai rangkaian...

Berita Terkait
publikbicara.com