Cegah Kriminalitas Sejak Dini, Pemdes Pangkal Jaya Aktifkan Siskamling

Berita Populer

- Advertisement -

NANGGUNG – Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkal Jaya, Kecamatan Nanggung maksimalkan sistem keamanan keliling (Siskamling) untuk kepentingan pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Desa Pangkal Jaya Topik Sumarna menyampaikan, pengaktifan Siskamling diwilayahnya itu diharapkan, penyebab timbulnya gangguan Kamtibmas dapat diredam sejak dini. Penjagaan ronda malam ini dinilai sangat penting sebagai upaya menutup gerak pelaku kejahatan.

“Semua unsur dilibatkan, mulai dari para ketua RT, RW, Kepala Dusun, Staf Desa, Karang taruna, LPM, BPD, Linmas bahkan Bumdes,” ungkap Topik Sumarna kepada wartawan pada, Sabtu (24/04/2021).

- Advertisement -

Topik Sumarna mengatakan, Posko utama di tempatkan di Kantor Desa sedangkan, untuk Pos di wilayah hampir di semua lingkungan RT terdapat masing-masing pos Kamling.

“Dengan melakukan kegiatan ke masing-masing pos salahsatunya dengan cara melakukan patroli keliling,” ujarnya.

Pemaksimalan Siskamiling ini, kata topik, diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, dirinya juga mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan kepada petugas keamanan wilayah jika ada warga yang kehilangan.

- Advertisement -

“Warga bisa melaporkan langsung ke posko utama yang ada di desa atau melalui petugas keamanan yang berkeliling, di posko utama selalu ada petugas yang berjaga,” tukasnya.

Topik menambahkan, selain berfungsi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga sebagai sarana silaturahmi antar warga maka, sangatlah penting digalakkan.

“Untuk menjaga dan mengamankan desa perlu dukungan dari masyarakat untuk ikut dalam menjaga dan mengamankan lingkungan dari hal yang tidak dikehendaki,” tutup Topik.

- Advertisement -

(Fahri)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Ustadz Tengku Zulkarnain Meninggal, Wanhai Ucapkan Belasungkawa

CIBINONG - Kabar duka menyelimuti tanah air. Pendakwah Ustadz Tengku Zulkarnain atau Tengku Zul meninggal dunia, Senin, 10 Mei...

Berita Terkait
publikbicara.com