Beranda Daerah Cegah Kriminalitas Sejak Dini, Pemdes Pangkal Jaya Aktifkan Siskamling

Cegah Kriminalitas Sejak Dini, Pemdes Pangkal Jaya Aktifkan Siskamling

NANGGUNG – Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkal Jaya, Kecamatan Nanggung maksimalkan sistem keamanan keliling (Siskamling) untuk kepentingan pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Desa Pangkal Jaya Topik Sumarna menyampaikan, pengaktifan Siskamling diwilayahnya itu diharapkan, penyebab timbulnya gangguan Kamtibmas dapat diredam sejak dini. Penjagaan ronda malam ini dinilai sangat penting sebagai upaya menutup gerak pelaku kejahatan.

“Semua unsur dilibatkan, mulai dari para ketua RT, RW, Kepala Dusun, Staf Desa, Karang taruna, LPM, BPD, Linmas bahkan Bumdes,” ungkap Topik Sumarna kepada wartawan pada, Sabtu (24/04/2021).

Baca Juga :  Babinsa Desa Bagoang : Pendampingan Penyaluran Beras Bulog Tahap 3 di Desa Bagoang Berlangsung Sukses

Topik Sumarna mengatakan, Posko utama di tempatkan di Kantor Desa sedangkan, untuk Pos di wilayah hampir di semua lingkungan RT terdapat masing-masing pos Kamling.

“Dengan melakukan kegiatan ke masing-masing pos salahsatunya dengan cara melakukan patroli keliling,” ujarnya.

Pemaksimalan Siskamiling ini, kata topik, diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, dirinya juga mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan kepada petugas keamanan wilayah jika ada warga yang kehilangan.

Baca Juga :  Mengenal Dampak Positif Negatif Mengisi Bahan Bakar Mobil Hingga Penuh : Yuk Simak Untuk Peforma Kendaraan Anda

“Warga bisa melaporkan langsung ke posko utama yang ada di desa atau melalui petugas keamanan yang berkeliling, di posko utama selalu ada petugas yang berjaga,” tukasnya.

Topik menambahkan, selain berfungsi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga sebagai sarana silaturahmi antar warga maka, sangatlah penting digalakkan.

“Untuk menjaga dan mengamankan desa perlu dukungan dari masyarakat untuk ikut dalam menjaga dan mengamankan lingkungan dari hal yang tidak dikehendaki,” tutup Topik.

(Fahri)

Artikulli paraprakWanhai Salurkan Paket Sembako Kepada Pengurus PK dan Pedes Golkar Kabupaten Bogor
Artikulli tjetërAtta Halilintar Positif Covid Lagi, Terpaksa Pisah Ranjang Dengan Aurel