Beranda Kesehatan Minum Air Hangat Saat Sahur, Ini Manfaatnya!

Minum Air Hangat Saat Sahur, Ini Manfaatnya!

JAKARTA – Penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh saat sahur agar tidak gampang lemas saat menjalani aktivitas sepanjang hari.

Dikutip dari Nutrition.org Inggris, memberikan cairan yang cukup pada tubuh saat sahur penting karena ketika menjalankan puasa tubuh akan mengalami dehidrasi ringan.

Lalu, minuman apa yang baik untuk tubuh dapatkan saat sahur? Terlebih setiap orang memiliki selera masing-masing, ada yang lebih senang minum air hangat atau air dingin.

Ahli penyakit dalam dr Tengku Bahdar Johan, SpPD, dari RS Premier Bintaro menjelaskan, air hangat dapat membantu saluran cerna bekerja lebih baik dengan menjaga aliran di pembuluh darah tetap lancar.

Sedangkan air dingin meskipun dapat membuat tubuh terasa segar, tetapi tidak baik untuk tubuh karena dapat membuat pembuluh darah menciut. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada gerakan peristaltik, yaitu gerakan pada otot-otot di saluran pencernaan, menjadi terganggu.

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

“Minum es dapat menciutkan pembuluh darah, akibatnya gerakan peristaltik menjadi terganggu. Itu sebabnya ada orang yang habis minum es perutnya langsung terasa tidak enak karena pembuluh darahnya menciut,” kata dr Bahdar kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Setelah mengetahui air hangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat penting minum air putih hangat saat sahur, dikutip dari Healthline.

1.Mengurangi menggigil saat kedinginan
Studi tahun 2017 menemukan bahwa meskipun respons alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, minum cairan hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil.

Baca Juga :  Usai Ungguli Australia, Timnas Indonesia U-23 Tempati Peringkat Kedua Grup A Piala Asia 2024

Para peneliti menemukan bahwa meminum air dengan suhu hangat dengan cepat membantu seseorang mengurangi pekerjaan dalam menjaga suhu tubuh mereka.

Saat sahur, suhu sedang rendah membuat tubuh rentan mengalami kedinginan dan menggigil. Sehingga, minuman hangat cocok untuk diminum saat sahur karena dapat membantu mengatasi rasa dingin dan menggigil di pagi hari.

2.Meningkatkan sirkulasi darah
Saat berpuasa, kondisi kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik karena akan berpengaruh kepada ibadah puasa yang dijalani. Minuman hangat dapat membantu seseorang menjaga tubuhnya agar tetap sehat.

Hal itu dikarenakan meminum air hangat dapat membuat aliran darah menjadi lancar. Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Sumber:Detik

Artikulli paraprakDaftar Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, Ini Syaratnya
Artikulli tjetërKeluarga Kru Kapal Selam Nanggala-402 Masih Menunggu Hasil Pencarian