Beranda Daerah Warga Kampung Cigowong Patungan Bangun Jalan dan Jembatan

Warga Kampung Cigowong Patungan Bangun Jalan dan Jembatan

CIGUDEG – Warga di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg patungan untuk bangun jalan dan jembatan sementara yang rusak pasca diterjang banjir bandang awal Januari 2020 lalu.

Pasalnya, pemerintah enggan memperbaiki jalan dan jembatan tersebut lantaran warga di sana akan segera direlokasi.

“Kami swadaya, jadi warga yang punya motor iuran sepuluh ribu untuk bangun jalan dan jembatan ini,” ujar salah satu warga Kampung Cigowong, Suwardi (50) kepada wartawan baru-baru ini.

Suardi memaklumi, rencana relokasi warga kampungnya ke Hunian Tetap (Huntap) membuat jalan yang berada di sisi Sungai Cidurian itu tidak diperbaiki pemerintah, baik pemerintah desa maupun pemerintah daerah. Meskipun jembatan gantung yang dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun sudah rusak dan tidak bisa digunakan.

Baca Juga :  Melintasi Air Mata Kepala Desa: Kisah Emosional di Balik Penetapan UU Desa Baru

Alhasil, Wardi yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua RW berinisiatif memperbaiki jalan dan jembatan itu secara swadaya bersama warga yang masih menggunakan jalan tersebut. Menurut Wardi, kampungnya itu masuk ke dalam kawasan zona merah rawan bencana, dimana dihimpit dengan Sungai Cidurian dan perbukitan.

“Ada 122 Kepala Keluarga yang ada di Kampung Cigowong yang akan direlokasi, tapi belum tahu kapannya,” jelasnya.

Baca Juga :  Pertarungan Politik Mencuat: Pasangan Duet Jaro Ade – Anang Hermansyah Dapat Sorotan Tajam

Terpisah, Kepala Desa Sukamaju, Dahyudin menuturkan, Kampung Cigowong merupakan salah satu wilayah yang paling terdampak bencana banjir bandang pada awal 2020 lalu.

“Rencana tahun 2021 warga Kampung Cigowong akan direlokasi, tinggal tunggu jadwalnya,” katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Karena alasan itu, pihaknya enggan memperbaiki jalan di kampung tersebut menggunakan anggaran Dana Desa.

“Di Desa Sukamaju sendiri ada 231 KK yang akan direlokasi. Terdiri dari Kampung Cigowong Sabrang, Ciasahan dan Kampung Cilame,” tukasnya.

(Fahri)

Artikulli paraprakPSG Juara UCL Tanpa Perlu Bertanding?
Artikulli tjetërPKB Bagikan Takjil Kepada Masyarakat Hasil Beli dari Pedagang Kecil di Cibungbulang