Beranda Kesehatan Rangkaian Doa Setelah Sholat

Rangkaian Doa Setelah Sholat

JAKARTA — Memanjatkan doa sesudah salat (sholat) merupakan anjuran dari Rasulullah. Terdapat kemuliaan bagi yang membacanya dan memungkinkan doa tersebut lebih didengar oleh Allah.

Tata caranya mulai dengan berzikir, membaca Al Fatihah, Ayat Kursi, lalu dilanjutkan dengan rangkaian doa sesudah sholat seperti berikut.

Bismillaahirrahmaanir-rahiim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wa yukaafii maziidah.
Artinya: Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah dengan pujian nikmatnya dan memadai dengan penambahannya.

Yaa rabbaanaa lakal-hamdu kamaa yambagii li jalaali wajhika wa’azhiimi sulthaanik.
Artinya: Wahai Allah kami, hanya bagimu segala puji, sebagaimana puji itu patut terhadap kemuliaanmu dan keagunganmu.

Allaahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadiw wa’alaa aali sayyidinaa Muhammadin.
Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarganya.

Allaahumma rabbanaa taqabbal-minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa rukuu’anaa wa sujuudanaa wa u’uudanaa wa tadharru’anaa wa takhasysyu’anaa wa ta’abbudanaa wa tammim taqshiiranaa yaa Allaah yaa rabbal-‘aalamiin.
Artinya: Ya Allah, terimalah sholat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyuk kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama sholat ya Allah, seru sekalian alam.

Baca Juga :  Wanhay Ungkap Strategi Partai Golkar Kabupaten Bogor: Konsolidasi dan Koalisi Menuju Pilkada 2024

Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa in lam taghfir lanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal-khaasiriin.
Artinya: Ya Allah, kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampun dan rahmatmu niscaya kami akan jadi orang sesat.

Rabbanaa wa laa tahmil-‘alainaa ishran kamaa hamal tahuu’alal-ladziina min qablinaa.
Artinya: Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau berikan diri kami beban berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu kami.

Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihii wa’fu’annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa’alal-qaumil-kaafirin.
Artinya: Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang diluar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkan rahmat ampun pada diri kami ya Allah. Ya Allah kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agama-Mu.

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa Wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.
Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau sesatkan kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah maha pemurah.

Baca Juga :  Mahkamah Konstitusi Anggap Tuduhan Tim Anies dan Cak Imin cTidak Relevan : Ini Keputusan MK

Rabbanaghfir lanaa wa li waalidiinaa wa li jamii’il musliimiina wal-muslimaati wal-mu’miniina wal-mu’minaati al-ahyaa’i minhum wal-amwaat, innaka a’laa kulli sya’in qadiir.
Artinya: Ya Allah Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan yang masih hidup dan yang sudah mati. Sesungguhnya Engkau zat yang maha kuasa atas segalanya.

Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa haasanatan wa fil-aakhirati hasanatan wa qinaa’adzaaban-naar. Allaahummaghfir lanaa dzunuubanaa wa kaffir’annaa sayyi’aatinaa wa tawaffanaa ma’al-abraar.
Artinya: Ya Allah, berilah kami kebahagiaan dunia dan kesejahteraan akhirat dan hindarkan kami dari siksa api neraka. Ya Allah ampunilah dosa kami dan tutuplah segala kesalahan kami dan semoga kami mati nanti bersama dengan orang-orang yang baik-baik.

Subhaana rabbika rabbil-‘izzati’ammaa yashifuun, wa salaamun’alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.
Artinya: Maha suci Allah segala kemuliaan, suci dari segala apa yang dikatakan orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para rasul dan segala puji bagi Allah seru sekalian alam.

Setelah membaca doa sesudah sholat, Anda dapat menutupnya dengan memperbanyak selawat.

Sumber: Cnn Indonesia

Artikulli paraprakIda Fauziyah Nyesal Korban PHK Tidak Ada Program JKP Sebelum Corona
Artikulli tjetërBermodalkan Jari, Sudah Bisa Bedakan Helm Palsu Dan Asli