Site icon PUBLIKBICARA.COM

Jenis-jenis Alat Ukur Panjang

JAKARTA – Jika kita ingin mengukur panjang suatu barang pastinya menggunakan alat ukur kan? Nah, alat ukur panjang ini ternyata ada banyak dan sangat beragam loh. Biasanya alat ukur ini ditanyakan di mata pelajaran khususnya fisika, oleh karena itu kita akan bahas satu per satu di bawah ini ya:

Penggaris atau Mistar

detikers pasti sudah tidak asing lagi dengan alat ukur panjang yang satu ini. Ya, mistar atau yang kita kenal dengan penggaris. Alat ukur yang satu ini sangat banyak kita temui dengan menggunakan material plastik maupun besi.

Mistar atau penggaris ini memiliki skala terkecil sebesar 1 mm dengan ketelitian sekitar 0,5 mm. detikers bisa melihat itu pada bagian pangkal penggaris ada sedikit yang tidak ada garisnya yang biasanya berjarak 0,5 mm.

Untuk mengukur menggunakan mistar harus pastikan bahwa permukaannya lebar dan tingginya rata. Hal ini sangat mempengaruhi hasil dari pengukuran sehingga harus diperhatikan.

Meteran Strip

Berikutnya ada meteran strip yang merupakan salah satu pinta pengukur dengan angka dari 0 hingga 100. Pita meteran yang satu ini sering kali digunakan untuk tukang jahit.

Jika penggaris hanya bisa mengukur benda yang lurus maka pita ini bisa digunakan untuk mengukur benda yang punya bentuk lain seperti lingkaran. Meteran ini punya skala terkecil 1 mm dengan tingkat ketelitian lebih kecil yaitu 0,1 mm.

Meteran Rol Plate

Berikutnya adalah meteran rol plate yang juga mirip dengan meteran slip namun untuk penyimpanannya dilakukan dengan menggulung meteran. Nah, rol plate yang satu ini punya ukuran panjang dari 500 mm atas sekadar 5 meter.

Biasanya, alat ukur yang satu ini dibuat dengan material kayu, plastik, atau logam. Meteran ini punya skala terkecil yaitu 1 mm dengan skala terkecilnya adalah 0,5 mm.

Mikrometer Sekrup

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah mikrometer sekrup yang mana bisa digunakan untuk mengukur barang yang sangat tipis. Dengan alat ukur yang satu ini detikers bisa mengukur tebal kertas, karbon, atau lainnya. Alat ukur yang satu ini [punya ketelitian hingga 0l01 mm.

Mikrometer sekrup ini punya dua skala yaitu skala tetap atau skala utama dan juga skala putar atau nonius. Untuk skala tetap ini menggunakan satuan milimeter dengan dua laras yaitu atas dan bawah.

Kemudian, alat ini memakai skala putar atau nonius yang ada pada besi penutup dan bisa bergeser ke depan atau belakang. Skala nonius ini dibagi dalam 50 skala dengan satu putaran maka akan menyebabkan skala utama bergeser 0,5 mm.

Jangka Sorong atau Sigmat

Kemudian, detikers juga bisa menggunakan alat ukur berupa jangka sorong atau sering disebut dengan sigmat. Alat ukur ini punya ketelitian 0,01 milimeter dan biasa digunakan untuk mengukur diameter benda lingkaran yang kecil atau rongga suatu benda kecil.

Untuk mengukur diameter luar maka harus dicapit. Sedangkan untuk mengukur diameter dalam suatu benda, maka menggunakan internal jaws yang letaknya di atas jangka sorong. Jika dipegang pakai tangan kanan.

Itulah dia beberapa alat ukur panjang yang harus detikers ketahui. Dengan berbagai alat ukur di atas, detikers bisa belajar mana yang paling tepat untuk mengukur suatu benda. Semoga dengan penjelasan di atas, detikers semua makin cerdas dan mendapat nilai yang tinggi ya!

Sumber:Detik

Exit mobile version