30.4 C
Bogor
Minggu, 24 Oktober 2021

Belajar Rumus Luas Permukaan Tabung

Berita Populer

- Advertisement -

JAKARTA – Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya detikers sering menemukan berbagai barang yang berbentuk seperti tabung kan! Misalnya saja ember, bak penampungan air, pipa paralon, botol minuman, baterai, kaleng kemasan makanan, dan sebagainya.

Nah, dalam dunia matematika sendiri tabung ini ada rumusnya lho. Salah satunya adalah rumus dari luas permukaan tabung. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya yang perlu detikers ketahui.

Apa Itu Tabung?
Nah, sebelum membahas mengenai rumus dari luas permukaan tabung, ada baiknya detikers terlebih dahulu berkenalan dengan bangun ruang ini. Nah, bangun tabung sendiri merupakan sebuah bangun dari ruang tiga dimensi dan mempunyai tutup serta alas, bentuknya sendiri adalah sebuah lingkaran yang memiliki ukuran yang sama seperti yang diselimuti persegi panjang.

- Advertisement -

Maka dari itu, tabung ini juga termasuk sebagai salah satu dari bangun ruang dengan sisi lengkung. Nah, tabung sendiri mempunyai beberapa sifat, yaitu:

-Mempunyai 2 rusuk.
-Mempunyai 3 sisi, ada alas, selimut atau selubung, dan tutup.
-Tinggi tabung adalah jarak antara alas dengan tutup tabung.
-Sisi alas serta tutupnya berbentuk lingkaran dan sama besar.
-Rumus Luas Permukaan Tabung

Baca Juga :  Tabrak Truk Mogok, Pemotor Tewas di Jalan Raya Cibokor

Bagaimana, sudah tahu kan apa itu tabung? Jika sudah, kini saatnya detikers mengetahui apa rumus dari luas permukaan tabung. Tentu saja detikers perlu mengetahui maupun menghapalnya dengan baik.

- Advertisement -

Mengapa demikian? Karena jika detikers salah menulis rumusnya, sudah pasti jika perhitungannya pun akan ikut salah. Kan bahaya banget jika detikers sudah susah-susah menyelesaikan soal tentang luas permukaan tabung, eh ternyata jawabannya tidak sesuai karena dari awal saja rumusnya sudah salah.

Perlu detikers ketahui pula bahwa rumus luas tabung, permukaan, volume, maupun aspek lainnya dapat dikatakan sebagai salah satu dari materi dasar matematika lho. Sehingga hal ini perlu detikers pelajari dengan baik jika ingin menguasai matematika.

Nah, untuk rumus dari luas permukaan tabung ini bisa detikers cari dengan jaring-jaring tabung. Yang pasti jaring-jaring tabung ini terdiri oleh:

- Advertisement -

Tutup hingga atas tabung yang memiliki bentuk lingkaran dan besar jari-jari (r), dengan begitu rumus luas lingkarannya adalah = 2πr². Sedangkan untuk jari-jarinya bisa digunakan 3,14 atau π= 22/7.

Baca Juga :  Terpilih Secara Aklamasi KH. Azis Sarnata Kembali Nakhodai PD Mathla'ul Anwar Kabupaten Bogor

Kemudian bagian lengkungan yang memiliki bentuk persegi panjang serta panjang tabung mempunyai rumus keliling dari alas tabung adalah 2πr dan bagian lebar tabungnya memiliki rumus luas adalah 2πrt.
Berikut adalah rumus dari luas tabung:

-Luas alas adalah = luas lingkaran = πr2
-Volume tabung adalah luas alas x tinggi
-Keliling lingkaran alas atau tutup adalah 2πr
-Volume tabung adalah π r2 t
-Luas Selimut adalah 2πrt
-Luas Permukaan Tabung adalah 2 x luas alas + Luas selimut tabung
2 (π r2 )+ 2 π r t = 2 π r ( r + t )
Demikianlah berbagai penjelasan yang perlu diketahui mengenai apa itu tabung, hingga luas permukaan tabung. Nah, ketika detikers menghapal rumusnya, tentu saja detikers bisa semakin mudah dalam menghitung maupun menyelesaikan soal dari rumus di atas.

Yang paling penting adalah jangan pernah beranggapan jika rumus itu sulit, ya! Karena tidak ada salahnya untuk mencoba mengerjakannya bersama teman dengan cara yang menyenangkan. Dijamin detikers tidak akan bosan untuk melakukannya. Yuk dicoba sekarang juga!

Sumber:Detik

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Bogor
broken clouds
30.4 ° C
30.6 °
29 °
76 %
0.5kmh
65 %
Ming
31 °
Sen
32 °
Sel
32 °
Rab
31 °
Kam
31 °

Berita terbaru

TNI AL Siapkan 700 Dosis Vaksin untuk Warga Desa Cibuntu

CIAMPEA - Sebanyak 700 dosis vaksin sinovac di siapkan TNI Angkatan Laut (AL) pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga...

Berita Terkait
publikbicara.com