Beranda Kesehatan Selain Kopi, Hindari 4 Minuman Ini Sebelum Tidur

Selain Kopi, Hindari 4 Minuman Ini Sebelum Tidur

JAKARTA – Penting membangun kebiasaan baik jelang tidur demi istirahat berkualitas dan kuantitas cukup. Selain kasur yang bersih, pencahayaan yang tidak terlalu terang atau dibuat gelap, Anda pun perlu menghindari minuman tertentu. Mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah kopi, si minuman hitam kaya rasa.

Memang tidak mengejutkan sebab kandungan kafein bisa berisiko membuat Anda terjaga selama beberapa jam ke depan. Keinginan untuk tidur nyenyak jelas sulit diwujudkan. Selain kopi, berikut beberapa minuman y

1. Teh hijau
Tidak hanya kopi yang mengandung kafein, teh hijau pun demikian. Teh biasanya dikenal sebagai minuman yang membuat rileks sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Namun ini tidak berlaku untuk teh hijau. Selain kafein teh hijau mengandung dua stimulan yakni, theobromine dan theophylline. Keduanya mengakibatkan peningkatan detak jantung, rasa grogi dan kecemasan.

Baca Juga :  Kebijakan PPN Naik 12%! Berikut Daftar Barang dan Jasa yang Tidak Terdampak : Kebutuhan Dasar Masyarakat Aman

Melansir dari Medical News Today, jenis teh yang disarankan untuk diminum sebelum tidur antara lain, teh chamomile, teh lavender dan teh hijau tanpa kafein.

2. Wine
Segelas anggur atau wine memang nikmat selepas makan malam dan bersantai sebelum tidur. Padahal wine justru membuat Anda sulit mencapai REM (Rapid Eye Movement) di mana tidur nyenyak dan mimpi terjadi.

“Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mungkin terbangun sepanjang malam dan menurunkan kualitas tidur. Kita juga tahu alkohol dapat mengakibatkan mengorok karena alkohol adalah pelemas otot yang ampuh,” ujar ahli gizi, Mitzi Dulan, mengutip dari Eat This, Not That!.

Baca Juga :  Peluang Airlangga Hartarto Kembali Memimpin Golkar: Dito Ariotedjo Ungkap Dinamika Politik Internal"

3. Soda
Anda mungkin banyak mendengar kalau soda tidak baik dikonsumsi. Minuman bersoda memiliki reputasi buruk terkait kandungan gulanya yang tinggi. Melansir dari Delish, konsumsi gula berlebihan bisa membuat Anda susah tidur atau sering terbangun. Mengapa? Saat kadar gula dalam darah tinggi maka hormon yang membantu Anda untuk tidur menurun.

4. Jus jeruk
Ada banyak cara memenuhi kebutuhan vitamin C termasuk dengan minum jus jeruk. Namun bukan ide baik jika Anda minum jus jeruk jelang waktu tidur. Jus jeruk mengandung asam yang sangat tinggi. Meski Anda tidak memiliki riwayat masalah lambung, tetapi akan lebih baik menghindari jus jeruk dan meminimalisir risiko asam lambung.

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakWeekend Warrior Solusi Orang Yang Sibuk Kerja Tidak Sempat Olahraga
Artikulli tjetërRaffi Ahmad Beli Cilegon United, Benarkah?