Beranda Kesehatan Sehat dan Panjang Umur Dengan 5 Porsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Sehat dan Panjang Umur Dengan 5 Porsi Buah dan Sayur Setiap Hari

JAKARTA — Studi terbaru menunjukkan konsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari dapat membuat panjang umur dan hidup lebih lama.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Heart Association (AHA) Circulation ini menganalisis data dari 2 juta orang dewasa di seluruh dunia.

Hasilnya, lima porsi buah dan sayur setiap hari yang terdiri dari dua porsi buah dan tiga porsi sayur dapat memberikan manfaat nyata untuk kesehatan sehingga seseorang dapat hidup lebih lama.

Konsumsi kurang atau lebih dari lima porsi disebut tidak memberikan manfaat yang optimal.

Satu porsi buah sama dengan satu buah ukuran sedang seperti satu buah apel, satu buah pisang, dan satu buah jeruk. Satu porsi sayuran hijau sama dengan 2 kuntum brokoli atau 4 sendok makan kangkung atau bayam.

Baca Juga :  Gebyar Iftor Ramadhan Baitulmaal Ashqaf Bogor Bersama Santri Penghafal Qu'ran dan Sahabat Yatim

Orang yang makan lima porsi buah dan sayur sehari memiliki risiko kematian 13 persen lebih rendah daripada orang yang hanya makan dua porsi buah dan sayuran tiap hari.

Makan lima porsi buah dan sayur juga dikaitkan dengan risiko kematian 12 persen lebih rendah karena penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Risiko kematian akibat kanker juga 10 persen lebih rendah. Sedangkan risiko kematian akibat penyakit pernapasan seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK )35 persen lebih rendah.

“Jumlah ini menawarkan manfaat paling besar dalam hal pencegahan penyakit kronis utama dan merupakan asupan yang relatif dapat dicapai untuk masyarakat umum,” kata peneliti ahli epidemiologi Dong Wang, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartwatch Samsung : Dari Fitur Hingga Harga

Namun, studi ini mendapati tak semua jenis buah dan sayuran memberikan manfaat yang sama.

Sayuran yang baik adalah sayuran berdaun hijau yang kaya beta karoten seperti bayam, selada hijau, dan kangkung.

Selain itu, wortel juga bisa menjadi pilihan lainnya. Sedangkan, buah-buahan yang baik adalah buah yang mengandung beta karoten dan vitamin C seperti jeruk dan beragam buah berry.

Sayur dan buah-buahan ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis dan juga kematian dini.

Sementara itu, studi menemukan jus buah dan juga sayuran yang diberi tepung tidak memberikan manfaat untuk kesehatan.

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakCara Akses Microsoft Office 365 Gratis Dan Legal
Artikulli tjetërCara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja