Beranda Ekonomi Pemdes Cidahu Galakan Pembenahan Desa Wisata Curug Sawer

Pemdes Cidahu Galakan Pembenahan Desa Wisata Curug Sawer

SUKABUMI-Sesuai Moto dan Program Pemerintah Desa (Pemdes) Cidahu, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, yang sudah memiliki Desa Wisata, Curug Sawer Kini Digalakkan. Selasa (23/02/21).

Kepala Desa Cidahu, Asep Saepul Parlan Mengatakan. Bahwa, sesuai Moto dan program Desa Cidahu, dengan memiliki Surat Keputusan (SK) Desa Wisata. Namun, Desa tersebut bisa memunculkan wisata yang ada di desa. Dan dirinya berharap wisata tersebut bisa dikelola oleh pihak desa.

“Sebelumnya Desa Wisata dikelola oleh pihak ketiga, kami berharap wisata tersebut bisa dikelola langsung oleh Desa, karena kalau desa mengelola langsung Pendapatan Asli Desa (PADES), akan meningkat. Bahkan kami pun bisa menghidupkan kelembagaan yang ada di desa, misal nya Karang Taruna, BUMDES, Kader PKK, baik dari bidang kesahatan atau edukasi dibidang wisata, ” ujarnya.

Baca Juga :  Prabowo Subianto Serukan Persatuan Elit Politik Demi Kemajuan Rakyat Pasca-Pilpres 2024

Menurut Ia, saat ini pihaknya mendapatkan respon baik dari balai gunung halimun, karena kurang fasilitas, ataupun tanah bengkok yang dimiliki desa wiasata sehingga desa cidahu menggarap bagai mana caranya bisa bekerja sama dengan balai gunung halimun.

“Alhamdulillah respon baik dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang mendukung program desa cidahu untuk menjadi desa wisata, ” katanya.

Ia menjelaskan salah satu wisata yang bisa dinikmati para pengunjung, wisata alam pegunungungan, tempat camping, dan air terjun yang berketinggian kurang lebih 80 Meter, Selain itu juga dirinya akan menyiapkan Homstay atau penginapan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Sambut China dengan Karpet Merah untuk Proyek Mega Infrastruktur di Ibu Kota Baru

“Saat ini memang masih dalam pembenahan dan insyaallah akan selesai beberapa bulan kedapan. Untuk para pengunjung hanya membayar 5,000 ribu rupiah saja dan 7,000 ribu rupiah untuk Karcis  PNBP  jaminan kesahatn atau kecelakaan jadi total biayaya masuk 12,000 ribu rupiah, ” jelasnya.

Bagi pengunjung mungkin bingung apakah mobil bisa masuk langsung ke lokasi, jangan khawatir kami menyiapkan lahan parkir untuk roda dua dan roda empat yang cukup luas.

(Ripandi)

Artikulli paraprakSiapa Yang Mengamuk Di DPKPP? Ini Jawaban Sekdis
Artikulli tjetërCerita Perias Mayat Gratis Yang Pernah Alami Hal-Hal Aneh