29.2 C
Bogor
Kamis, 25 Februari 2021

Waduh! Macbook Baru Apple Diserang Malware Silver Sparrow

Berita Populer

Satpol PP Kabupaten Bogor Bersihkan Ratusan PKL Liar Pasar Leuwiliang

LEUWILIANG-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor hancurkan ratusan pedagang kaki lima yang berada di bahu jalan raya...

DP Sempat Pamit Kerjakan Tugas Sekolah

CIBUNGBULANG - DP warga kampung Ciaruteun RT 01 RW 03, Desa Cimanggu 1, Kecamatan Cibungbulang, yang ditemukan tewas...

Usai Jajan Di Warung, DP Tak Pulang Lagi

CIBUNGBULANG - Sehari sebelum korban DP meninggal dunia dan jasadnya di ketemukan warga dalam kantong plastik besar berwarna hitam...

Miris! Di Wilayah Tambang Emas Nenek Ane Tinggal di Rumah Beralaskan Tanah

NANGGUNG - Miris! Seoang janda berusia sekitar 50 tahun tinggal sendiri di rumah bilik bambu beralaskan tanah di Kampung...

Mega Proyek Bomang Belum Lama Selesai Dikerjakan Ambles

KEMANG- Mega proyek jalan Bojonggede - Kemang berada di wilayah Desa Jampang Kecamatan Kemang yang baru rampung pengerjaanya mengalami...
- Advertisement -

JAKARTA – Hampir 30 ribu Mac di seluruh dunia dilaporkan terinfeksi malware misterius. Malware ini mengincar Macbook yang menggunakan chip baru Apple, M1.
Hal ini berdasarkan inspeksi para peneliti di perusahaan keamanan Red Canary. Malware ini mereka sebut sebagai Silver Sparrow.

Silver Sparrow adalah malware iklan atau disebut adware. Namun, adware ini tidak “menunjukkan perilaku yang kita duga dari adware biasa yang sering menargetkan sistem macOS,” tulis Tony Lambert, seorang analis intelijen di Red Canary.

Silver Sparrow juga bisa menghancurkan diri sendiri agar jejaknya tak terdeteksi. Namun, peneliti menyebut fungsi ini tampaknya belum digunakan.

- Advertisement -

Lambert pun belum mengetahui tujuan dari infeksi malware tersebut. Masih belum jelas juga apa yang akan memicu adware ini berfungsi.

Silver Sparrow memiliki kode yang bisa berjalan pada chip M1 internal Apple yang dirilis pada November. Sehingga, ini adalah malware kedua yang diketahui bisa menginfeksi chip anyar Apple itu, menurut Ars Technica.

“Kami belum menemukan kalau malware ini telah mengirimkan malware lain. Silver Sparrow kompatibel dengan chip M1, bisa menginfeksi ke seluruh dunia dengan tingkat infeksi yang relatif tinggi. (Malware ini) juga canggih sehingga Silver Sparrow adalah ancaman yang cukup serius,” tulis para peneliti, seperti dikutip CNN.

- Advertisement -

Silver Sparrow menginfeksi Mac di 153 negara pada 17 Februari. Namun, sebagian besar infeksi terjadi di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, dan Jerman, menurut data dari Malwarebytes, situs web yang memblokir serangan ransomware.

Sumber : Cnn Indonesia

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Siapkan Pemakaman, Keluarga Korban Minta Polisi Segera Tangkap Pelaku

CIBUNGBULANG - DP yang meninggal dunia dan jasadnya di ketemukan warga dalam kantong plastik besar berwarna hitam di Jalan...

Berita Terkait
publikbicara.com