Beranda News Mengenal Black Card, Sultan Pasti Tahu

Mengenal Black Card, Sultan Pasti Tahu

JAKARTA – Black card atau kartu hitam sering dianggap sebagai simbol status sosial tertinggi. Artinya, siapapun yang memegang atau memiliki black card, ia termasuk orang elit, miliarder, atau masuk jajaran orang terkaya di dunia.

Black card mengacu pada kartu pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan American Express (Amex). Black card sendiri adalah sebutan umum untuk Centurion Card atau Amex Black Card.

Black card pertama kali diluncurkan pada tahun 1999. Sejak saat itu, black card jadi kartu pembayaran paling eksklusif yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu. Mayoritas pengguna black card adalah pengusaha atau selebritas ternama.

Pemegang Black Card

Meski berstatus sebagai kartu pembayaran, faktanya tidak semua orang bisa memiliki black card.

Seseorang hanya bisa memiliki kartu pembayaran tersebut lewat undangan eksklusif dari pihak American Express.

Dengan kata lain, bila Anda tidak mendapatkan undangan/tawaran dari Amex, maka Anda dianggap kurang layak memiliki black card.

Meski demikian, memiliki black card bukanlah hal yang mustahil sekalipun Anda belum mendapat penawaran dari Amex.

Anda bisa mengajukan request atau prmintaan agar perusahaan tersebut mempertimbangkan untuk mengundang Anda sebagai pemegang black card.

Dilansir laman Creditcardinsider, peluang di-invite oleh American Express bisa semakin besar apabila Anda memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Tercatat sebagai pengguna kartu American Express lainnya.

  • Aktif menggunakan kartu Amex minimal selama 1 tahun.

  • Pengeluaran tahunan menggunakan kartu Amex minimal sebesar 250.000 dolar AS (ada juga yang menyebut 450.000 dolar AS per tahun).

Baca Juga :  Alarm Merah di Gunung Ruang: Status Dinaikkan Menjadi Level IV Awas

Perlu diingat bahwa ketiga syarat tersebut masih sebatas perkiraan dan belum pasti. Pasalnya, syarat pengajuan black card memang tidak dipublikasikan secara resmi oleh Amex.

Jadi meskipun Anda sudah memenuhi 3 syarat di atas, belum tentu Amex akan tertarik meng-invite Anda untuk jadi salah satu pemegang black card.

Biaya yang Harus Dikeluarkan Demi Black Card

Anggaplah Anda mendapatkan undangan/penawaran dari American Express untuk memiliki black card, maka ada sejumlah biaya yang harus disiapkan.

Dikutip dari Bankrate, ada 2 macam biaya yang dibayarkan untuk mendapatkan kartu eksklusif tersebut, yaitu:

  • Biaya inisiasi/ biaya keanggotaan: 10.000 dolar AS

  • Iuran tahunan: 5.000 dolar AS

Keuntungan Memiliki Black Card

Biaya yang dikeluarkan untuk memiliki black card memang tidak murah, tapi tentunya kartu hitam ini diiringi oleh segudang keistimewaan.

Ada banyak benefit yang bisa dirasakan oleh pemilik black card. Dikutip dari Creditcardinsider, berikut beberapa keuntungannya:

Baca Juga :  Reformasi Kesehatan 2025: Segini Harga Iyuran Sistem BPJS Kesehatan

1. Mendapat poin reward

Setiap menggunakan black card, Anda akan mendapatkan 1 poin reward. Poin tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemesanan hotel atau pesawat.

2. Pelayanan akses VIP

Benefit paling menggiurkan adalah akses VIP di sejumlah event atau tempat. Misalnya ingin menonton konser di barisan terdepan atau tempat yang strategis, maka pemegang black card akan selalu diprioritaskan.

3. Private suite gratis di bandara international Los Angeles (LAX)

Keanggotaan private suite di LAX biasanya memakan biaya 4.500 dolar AS/tahun. Tapi dengan black card, Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

4. Akses sebagai tamu elit di sejumlah hotel mewah

Pemegang black card bisa mendapatkan status tamu elit di hotel-hotel mewah. Status ini memungkinkan pemegang black card mendapatkan kelonggaran dalam banyak hal, misalnya upgrade kamar, memundurkan jadwal check out, dll.

5. Akses Centurion Lounge di seluruh bandara

Pemegang black card bisa menikmati kemewahan Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara international.

Centurion Lounge sendiri tergolong sebagai lounge terbaik di dunia karena memiliki makanan berkualitas tinggi hingga pelayanan spa yang memuaskan.

Sumber : Tirto

Artikulli paraprakDiduga Kartu BPNT Milik Warga Singajaya Jonggol Tidak Dipegang KPM, Dimanakah?
Artikulli tjetërMau Turunkan Berat Badan Dalam 1 Bulan? Ikuti Metode Ini