Beranda Kesehatan Mau Turunkan Berat Badan Dalam 1 Bulan? Ikuti Metode Ini

Mau Turunkan Berat Badan Dalam 1 Bulan? Ikuti Metode Ini

JAKARTA – Sukses menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan bukanlah hal yang mustahil. Asalkan Anda mau melakukannya dengan sungguh-sungguh, meskipun harus bertahap.

Mengutip dari laman Healthline, simak cara agar berat badan turun hingga 4,5 kilogram dalam waktu satu bulan yang bisa diterapkan, tentunya metode ini sehat dan aman bagi kesehatan.

  1. Hitung Asupan Kalori
    Membatasi jumlah karbo harian memang sangat penting. Idealnya, mengonsumsi karbo per hari adalah 45-65 persen dari total asupan.

Itu artinya jika 2.000 kalori dalam sehari masuk ke tubuh, karbohidratnya sekitar 225-325 gram per hari. Tapi untuk yang diet, kebutuhan karbo harus dikurangi jadi 50-150 gram.

2.Kurangi Minuman Manis
Mengurangi minum minuman manis adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
Mengonsumsi minuman dengan pemanis tambahan, hanya akan memberi kalori kosong pada tubuh yang berbeda pada kalori makanan, sehingga menimbulkan efek lapar berlebih.

Supaya program menurunkan berat badan tidak sia-sia, ada baiknya kurangi minuman manis dan ganti dengan jus wortel. Selain itu perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

3.Konsumsi Makanan Bernutrisi
Ketika menjalani program penurunan berat badan Anda harus cerdas dalam menentukan jenis makanan yang baik untuk tubuh, menyehatkan, serta tinggi nutrisi.

Baca Juga :  Melintasi Air Mata Kepala Desa: Kisah Emosional di Balik Penetapan UU Desa Baru

Pilihlah sayuran hijau, buah, ikan dan masak dengan cara tepat supaya gizinya tidak hilang. Sedangkan untuk sarapan, sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein yaitu telur atau yogurt.

4.Latihan HIIT
Perbanyak olahraga dan gerak aktif setiap hari adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
High-intensity interval training (HIIT) merupakan latihan dengan intensitas tinggi seperti berjalan kaki tapi dibarengi berlari selama 1 menit penuh, dan jeda 3 menit untuk atur napas.

Supaya latihan HIIT lebih maksimal dapat dilakukan minimal 30 menit selama 3 kali dalam seminggu. Kemudian dikombinasikan dengan squat, push up, atau berjalan kaki.

5.Perbanyak Gerak Setiap Hari
Cara agar berat badan turun dalam 1 bulan tidak hanya dengan berolahraga, tapi dapat dengan perbanyak aktivitas sehari-hari misalnya berkebun, mengutamakan jalan kaki ketimbang naik motor, atau naik-turun tangga daripada naik lift.

Selain itu, bisa juga membersihkan rumah, peregangan 30 menit serta dibarengi latihan kardio minimal 20-40 menit per hari untuk membakar kalori juga memperkuat jantung.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Belum Putuskan Akan Maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Barat

6.Puasa Intermittent
Mencoba menerapkan puasa berselang atau intermitten fasting adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
Melakukan puasa intermittent untuk menurunkan berat badan boleh saja, asal disesuaikan kondisi tubuh. Misalnya mulai dari metode 16:8, 16 jam puasa dan 8 jam waktu makan.

Apabila sudah terbiasa dapat lanjut ke metode lain yaitu eat-stop-eat yakni puasa selama 24 jam lalu makan sehari setelahnya, atau 5:2 berarti makan 500 kalori selama 2 hari.

7.Istirahat Yang Cukup
Tidur dengan cukup, akan sangat berpengaruh membantu proses menurunkan berat badan. Pasalnya bila Anda kurang istirahat, hal tersebut memicu meningkatkan rasa lapar.

Selama fokusnya menurunkan berat badan, mulai biasakan tidur teratur selama 8 jam. Serta kurangi kebiasaan makan menjelang waktu tidur yang bisa membuat Anda tidak nyenyak.

Untuk kondisi tubuh tertentu, penjelasan mengenai cara agar berat badan turun 4,5 kg dalam sebulan bisa jadi tidak terlalu berpengaruh.

Sehingga boleh saja apabila ingin konsultasi ke dokter atau pakar kebugaran terlebih dulu, supaya memperoleh hasil yang lebih optimal.

Sumber : Cnn Indonesia

Artikulli paraprakMengenal Black Card, Sultan Pasti Tahu
Artikulli tjetërPer Hari Ini, Emas Antam Berada di Posisi Rp 930 Ribu Per Gram