Beranda Daerah Kasie Ekbang Kecamatan Kemang Manfaatkan Lahan Kosong Tanami Sayuran Hidroponik

Kasie Ekbang Kecamatan Kemang Manfaatkan Lahan Kosong Tanami Sayuran Hidroponik

KEMANG – Kasie Ekbang Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor manfaatkan lahan kosong dengan berbagai macam tanaman sayuran dengan pola hidroponik membuat halaman kantor Kecamatan menjadi hijau.

Kasi Ekbang Kecamatam Kemang Titin Hartini mengatakan, green house yang berada di halaman Kantor Kecamatan Kemang, dikelola oleh Kasie Ekbang, mulai dari bulan Agustus 2020 sampai hari ini, yang bekerjasama dengan penyuluh pertanian swadaya, dan sudah menghasilkan beberapa kali panen kangkung, bayam, tomat dan sayuran lainya.

Baca Juga :  Warga Bergotong-royong Hadapi Amblasnya Jalan di Curug Bitung: Harapan Untuk Respons Pemerintah yang Terkesan Tutup Mata

“Program Obor ketahanan pangan yang bisa kita siasati di halaman kantor, cara penanaman tersebut memanfaatkan sistem hidroponik dengan dengan menggunakan media air dan pipa tanpa tanah. Tanaman yang dilakukan yaitu berupa sayuran. Jenis tanamannya ada sawi, selada, kangkung, dan lain sebagainya. Tanam hidroponik ini tujuanya adalah untuk pemanfaatan lahan pekarangan,” ujar Titin kepada wartawan Selasa, (26/01/2021).

Ia menambahkan, untuk sarana dan prasarana sebagai media tanam merupakan bantuan dari Kecamatan. Tanam sistem hidroponik yang dilaksanakan di pekarangan kantor ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan.

Baca Juga :  Penomena Langka: Ramdhan Akan Diulang Dua Kali dalam Setahun. Berikut Ulasannya!

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sendiri,” tambahnya.

Tujuan program ini adalah untuk memanfaatkan pekarangan kantor. Kemudian untuk mendukung program konsumsi pangan.

“Karena itu, program ini dipasang dilingkungan kantor sekaligus untuk memberikan contoh bagi masyarakat,” tukasnya.

(Cep Rendra/Fahri)

Artikulli paraprakBPBD Tanggapi Dugaan Pemotongan Bantuan Bencana di Desa Harkat Jaya
Artikulli tjetërWakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum Dorong Baznas Berinovasi