Beranda Ekonomi 91 Personil TNI AL Diterjunkan Bantu SAR di Kalimantan Selatan

91 Personil TNI AL Diterjunkan Bantu SAR di Kalimantan Selatan

JAKARTA – Sebanyak 91 personel TNI Angkatan Laut diterjunkan dalam membantu proses evakuasi dan distribusi untuk korban banjir di Kalimantan Selatan dengan peralatan SAR Lengkap seperti perahu karet, motor tempel dan peralatan selam, Senin (18/01/2021).

Personel TNI AL tersebar dalam beberapa Satuan Tugas (Satgas) Banjir mulai dari yang berada Bawah Kendali Operasi (BKO) Mabes TNI dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin. Rencanannya hari ini Senin (18/1) Satgas Banjir Lanal Banjarmasin akan menuju lokasi sasaran Kelurahan Sungai Tabuk Kabupaten Tanah Laut dan Desa Keramat Martapura Kabupaten Banjar.

Baca Juga :  Gebyar Iftor Ramadhan Baitulmaal Ashqaf Bogor Bersama Santri Penghafal Qu'ran dan Sahabat Yatim

Kegiatan yang akan dikerjakan dilokasi banjir yakni, wilayah sungai Tabuk membantu warga secara bergiliran pengamanan wilayah yang rumahnya kosong tergenang banjir untuk menghindari pencurian oleh orang tidak dikenal, membantu pendistribusian makan siang dan malam bagi pengungsi maupun yang masih bertahan di rumah, memonitor situasi bahan kontak makanan di posko pengungsian dan mengevakuasi warga yang terisolir atau terjebak di dalam rumah.

Sementara itu, untuk wilayah Astambun, Kabupaten Martapura di sekitar area jembatan yang putus melaksanakan evakuasi warga yang terjebak dan pendistribusian bahan makanan dari posko ke warga yang masih bertahan di rumah. Personel yang akan dikerahkan sebanyak 17 personel yang terdiri dari anggota Lanal Banjarmsin sebanyak 8 orang, Kopaska Koarmada dan Dislambair Koarmada II sebanyak 9 orang. Peralatan SAR yang digunakan yakni, 4 buah perahu karet dan 4 buah motor tempel, dayung dan sebuah truk untuk mobilitas. Selain itu setiap personel dilengkapi perlengkapan perorangan yang terdiri dari sepatu boat, life jacket, sarung tangan, masker dan APD.

Baca Juga :  Warga Bogor Keluhkan Percikan Api di Kabel Listrik yang Bergesekan Dengan Daun Kelapa Sawit

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut

Artikulli paraprakImbangi Liverpool di Anfield Progres Bagus MU
Artikulli tjetërTNI AL Tembus Daerah Terisolasi Banjir di Kalimantan Selatan