Beranda News Sri Mulyani : Pemerintah Cadangkan Anggaran Rp35,1 T Untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

Sri Mulyani : Pemerintah Cadangkan Anggaran Rp35,1 T Untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah mencadangkan anggaran sebesar Rp35,1 triliun pada 2020 yang dialokasikan untuk pengadaan vaksin dan kegiatan imunisasi vaksin COVID-19.

“Ini termasuk pengadaan vaksin yang tadi malam tiba,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Menurut Sri Mulyani, pengadaan melalui penugasan yakni BUMN Bio Farma dengan seluruh lembaga baik dalam dan luar negeri.

Baca Juga :  Mengenal Dampak Positif Negatif Mengisi Bahan Bakar Mobil Hingga Penuh : Yuk Simak Untuk Peforma Kendaraan Anda

Pengadaan vaksin COVID-19, kata dia, direncanakan akan berjalan selama beberapa tahun dari tahun 2020 hingga 2022 menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk 2020, lanjut Sri Mulyani, Kementerian Kesehatan sudah membelanjakan Rp 637,3 miliar untuk pengadaan vaksin yakni tiga juta dosis vaksin Sinovac dan 100 ribu dosis vaksin dari Cansino.

Sementara itu dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2020, pemerintah mengalokasikan Rp 96,17 triliun untuk bidang kesehatan yang difokuskan untuk belanja penanganan COVID-19.

Baca Juga :  Mimpi Indah Wisata Terpadu Debus Jasinga: Warisan yang Meredup di Tepian Waktu

Adapun realisasi belanja itu, kata Sri Mulyani, di antaranya sudah dikucurkan pembayaran insentif kepada tenaga kesehatan mencapai 727,4 ribu orang orang dengan total pencairan mencapai Rp 7,69 triliun.

Pemerintah juga memberikan uang duka kepada 200 tenaga kesehatan dalam bentuk santunan kematian Gugus Tugas COVID-19 sebesar Rp 3,22 triliun.

Selain itu juga ada insentif bidang perpajakan untuk bidang kesehatan mencapai Rp 3,82 triliun.

Sumber:Sinarharapan

Artikulli paraprakVaksin Sinovac Tiba di Indonesia, Saat Didistribusikan AY Minta Warga Tak Menghindar
Artikulli tjetërVaksin Sinovac Baru Tiba di Indonesia, Ini Efek Sampingnya!