BPJS Kesehatan KC Cibinong Launcing Program Pandawa

Berita Populer

Aksi Pencurian Kambing Digagalkan Warga

LEUWISADENG - Saat warga sedang melaksanakan ibadah sholat tarawih, kawanan maling beraksi hendak mencuri kambing milik warga di...

Diduga Konsleting Listrik, Bangunan Ponpes di Cigudeg Terbakar

CIGUDEG - Diduga akibat konsleting listrik sebuah bangunan pondok pesantren milik ustad Dodi di kampung susukan, Desa Banyuwangi, Kecamatan...

Ada Perbaikan di Jalan Raya Cigudeg, Arus Lalin Macet

CIGUDEG - Ruas jalan raya Cigudeg-Jasinga sedang dilakukan pengerjaan pengecoran jalan di kilometer 38, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor sebabkan...

Camat Leuwisadeng Minta Warga Tingkat Siskamling

LEUWISADENG - Adanya aksi kawanan pencurian di wilayah Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor yang berhasil di gagalkan oleh warga di...

Mendag Bakal Perketat Perdagangan E-Commerce Yang Nakal

JAKARTA -- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pihaknya tengah menyiapkan regulasi untuk mengatur dan memperketat perdagangan e-commerce. Ini dilakukan...
- Advertisement -

CIBINONG – Bertemakan ‘Adaptasi Kebisasaan Baru (AKB) dan pelayanan Pandawa’ Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kantor Cabang (KC) Cibinong perkenalkan program terbaru, bertempat di ruang rapat BPJS Kesehatan KC Cibinong di Jalan Pemda Kabuapten Bogor pada, Rabu (25/11).

Kepala BPJS Kesehatan KC Cibinong, Erry Endry mengatakan, jika tujuan diadakannya program Pelayanan Adminstrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) di masa new Normal untuk menghindari kerumunan di masa Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19 tahun ini.

Menurutnya, Pandawa ini merupakan pelayanan tanpa tatap muka/tanpa kontak fisik antara frontliner di KC dan peserta melalui media WhatsApp, dan petugas Pandawa (Frontliner) melakukan verifikasi dan konfirmasi data pendukung yang menjadi persyaratan kepesertaan.

- Advertisement -

“Selain memberikan layanan administrasi, Pandawa juga menyampaikan edukasi dan melakukan survei kepuasan peserta dengan mengisi suara pelanggan yang dikirimkan pada akhir layanan,” kata Erry yang didampingi Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik, Darah Rahimza.

Ia menyebut, untuk pendaftaran pelayanan Pandawa sendiri terdiri dari pendaftaran Baru (PNS dan TNI/Polri), penambahan anggota keluarga, pengaktifan virtual account (VA) kadaluarsa, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi peserta PBPU atau mandiri, ubah data golongan dan gaji (PNS dan TNI/Polri), ubah faskes kesehatan tingkat pertama (TNI/Polri), dan perbaikan data peserta PBI.

“Dan terakhir pengurangan anggota keluarga,” imbuhnya.

- Advertisement -

Meski begitu, BPJS KC Cibinong Kabupaten Bogor masih melakukan pelayanan khusus bagi PBPU kelas 3, PBI, dan pensiunan (BP).

“Dan untuk nomor kontak layanan Pandawa itu masyarakat Kabupaten Bogor ini dapat melalui di nomor 0812-1307-0362 mulai dari Senin sampai dengan hari Jumat dimulai pukul 08.00-15.00 WIB sore,” jelasnya.

Senada, Staf Administrasi Kepesertaan pada BPJS KC Cibinong, Riza Pahlefy menambahkan, selain layanan pandawa yang dimiliki BPJS Kesehatan juga adanya pelayanan melalui mobile customer service (MCS) yang mana jenis pelayanannya antara lain, perubahan data identitas peserta (NIK, nama, tanggal lahir, dan alamat), pencetakan kartu JKN-KIS, dan perubahan faskes tingkat pertama. Persyaratannya sendiri, fotokopi kartu keluarga (KK), fotokopi BPJS kesehatan,” ungkapnya.

- Advertisement -

“Selain itu, untuk program pelayanan MCS ini desa dapat mengkolektifkan berupa fotokopi KK dan fotokopi kartu JKN-KIS lalu di serahkan ke BPJS Kesehatan dengan estimasi pengerjaan 2-3 Minggu setelah itu diserahkan kembali ke Desa dengan penukaran kartu asli,” ungkap Riza.

Lebih lanjut ia memaparkan, adapun kanal layanan Chika (Chat Assistant JKN) merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (Chatting) yang akan direspon oleh artificial intelligence (Kecerdasan Buatan).

Dimana, layanan Chika dapat memberikan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta program JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, dan lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama, serta lokasi kantor BPJS Kesehatan Kantor Cabang setempat.

“Pendaftaran dan perubahan data peserta yang terhubung dengan aplikasi mobile JKN-KIS. Dapat live chat dengan BPJS Kesehatan care center 1500 400 yang juga dapat menghubungi di nomor WhatsApp atau telegram di 0811-8750-400,” tuturnya.

Smbungnya, adanya layanan Vika (Voice Interactive JKN) dengan memperoleh informasi seputar JKN-KIS, perubahan data kepesertaan, menyampaikan pengaduan/keluhan, pendaftaran peserta PBPU baru, dan informasi data peserta maupun keluarga.

“Serta layanan tanya dokter (teleconsuling) dan ini dapat diakses di care center 1500 400 dengan pelayanan selama 24 jam,” pungkasnya.

(Cep Rendra***)

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Diduga Konsleting Listrik, Bangunan Ponpes di Cigudeg Terbakar

CIGUDEG - Diduga akibat konsleting listrik sebuah bangunan pondok pesantren milik ustad Dodi di kampung susukan, Desa Banyuwangi, Kecamatan...

Berita Terkait
publikbicara.com