Warga Yang Ikut Kerumunan Habib Rizieq Bisa Tes Swab Gratis

Berita Populer

JPU KPK Tuntut Rahmat Yasin Hukuman 4 Tahun Penjara

BANDUNG - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin hukuman penjara selama empat tahun, denda...

Bupati Bogor Bagi Penghargaan, Honor Nakes Sempat Telat Dua Bulan

CIBINONG-Bupati Bogor, Ade Yasin memberikan apresiasi kepada 200 orang mulai dari Kepala Desa hingga RT/RW, Babinsa dan Babinkamtibmas se...

Sejumlah Wilayah di Kecamatan Leuwiliang Diterpa Angin Puting Beliung

LEUWILIANG - Hujan deras disertai angin kencang juga melanda Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang pada, Senin sore (01/03/2021) merobohkan beberapa...

Konsleting Listrik, Satu Rumah Hangus Terbakar

CIBUNGBULANG-Sebuah rumah di perumahan Citoh, Cluster Panca Blok M, nomor 23, Kecamatan Cibungbulang, hangus dilalap si jago merah pada...

Hujan Es, Empat Pohon Tumbang di Leuwiliang

LEUWILIANG - Hujan deras disertai angin kencang robohkan sedikitnya 4 pohon tumbang di jumlah wilayah di Desa Cibeber 2,...
- Advertisement -

Jakarta — Ketua Satuan Tugas Covid-19, Doni Monardo meminta masyarakat yang hadir dalam kerumunan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Petamburan, Slipi, Tebet, hingga Megamendung untuk melakukan tes swab terkait Covid-19 oleh pemerintah.
Doni memastikan tes swab yang dilakukan pemerintah dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta ini gratis.

“Kami mengajak masyarakat yang ikut aktivitas tersebut secara sukarela bersedia swab antigen yang disiapkan pemerintah dan Dinas Kesehatan DKI di sejumlah puskesmas. Pemeriksaan itu gratis kepada masyarakat dan ini penting,” kata Doni saat konferinsi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11).

Jenderal TNI bintang tiga itu mengatakan pemeriksaan perlu dilakukan untuk melacak masyarakat yang positif Covid-19 usai menghadiri kerumunan tersebut. Menurutnya, pemeriksaan tersebut penting agar pihaknya bisa segera melakukan tindakan terhadap mereka yang terpapar.

- Advertisement -

“Apabila sudah positif, maka harus dilakukan langkah sedini mungkin baik isolasi mandiri secara personal atau isolasi yang disiapkan pemerintah,” ujarnya.

Doni mengatakan lonjakan kasus yang terjadi beberapa waktu belakangan ini ikut disumbang dari kerumunan yang terjadi di wilayah Bandara Soetta, Petamburan, Slipi, Tebet, hingga Megamendung. Diketahui, kerumunan itu terjadi saat kehadiran pemimpin FPI Rizieq Shihab.

“Sejumlah kasus yang ikut menambah selama libur panjang lalu adalah kegiatan kerumunan dalam beberapa hari terakhir terutama di wilayah Bandara Soetta Cengkareng, wilayah kelurahan Petamburan dan juga Slipi, Tebet Timur serta Megamendung,” katanya.

- Advertisement -

Sebelumnya, kerumunan massa Rizieq di Jakarta beberapa waktu lalu telah dinyatakan sebagai klaster penularan virus corona. Sebanyak 80 orang dalam kerumunan di wilayah Petamburan dan Tebet yang dihadiri Rizieq terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan hasil pemeriksaan melalui tes PCR oleh Kementerian Kesehatan, terdapat 50 kasus positif Covid-19 di Tebet dan 30 kasus di Petamburan.

Selain itu, data pemeriksaan tes PCR yang dilakukan di laboratorium kesehatan daerah hingga 21 November 2020 juga masih menunggu hasil 15 kasus yang berasal dari kerumunan yang terjadi di Megamendung Bogor, Jawa Barat.

- Advertisement -

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Heru Novianto menyebut pihaknya ditolak ketika meminta Rizieq melakukan tes swab untuk memastikan tak terpapar Covid-19. Hal ini dilakukan lantaran tersiar kabar Rizieq sakit karena terpapar Covid-19.

Di sisi lain, Sekretaris Umum FPI Munarman mengklaim hasil swab yang dilakukan Rizieq menunjukan hasil negatif Covid-19. Rizieq melakukan swab mandiri setelah memicu kerumunan massa di Bandara Soetta, Petamburan, hingga Megamendung.

Sumber:Cnn indonesia

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

Berita terbaru

Penerapan Ganjil Genap Kota Bogor, Kasus Covid-19 Menurun

BOGOR-Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi menghentikan sementara kebijakan Ganjil Genap di Kota Bogor selama dua akhir pekan kedepan. Sebab...

Berita Terkait
publikbicara.com